Penerapan manajemen risiko produk pembiayaan dengan akad murabahah: studi pembiayaan rumah pada PT Bank BCA Syariah Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanti, Iin Nur (2024) Penerapan manajemen risiko produk pembiayaan dengan akad murabahah: studi pembiayaan rumah pada PT Bank BCA Syariah Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iin Nur Yanti_08040420127_ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Iin Nur Yanti_08040420127 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Penerapan Manajemen Risiko Produk Pembiayaan dengan Akad Murabahah (Studi Pembiayaan Rumah pada PT Bank BCA Syariah Cabang Surabaya.”) Penelitian ini bersifat kualitatif dan berfokus pada pengelolaan risiko yang berkontribusi dalam mengurangi insiden kredit macet pada produk KPR dengan menggunakan akad Murabahah di PT Bank BCA Syariah Cabang Surabaya, serta mencari cara untuk mengatasi risiko yang terkait dengan produk KPR guna meminimalisir kredit macet di lembaga tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik penelitian lapangan yang melibatkan PT Bank BCA Syariah Cabang Surabaya. Data ini diperoleh langsung melalui wawancara dengan pihak terkait dan pengumpulan dokumen. Setelah itu, data ini dianalisis menggunakan metode deskriptif analisa dengan pendekatan induktif. Pendekatan ini mengharuskan analisis data yang diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi serta mencari elemen-elemen yang serupa untuk menghasilkan kesimpulan yang lebih terperinci. Pendekatan deskriptif analisa ini digunakan untuk menguraikan bagaimana penerapan manajemen risiko produk pembiayaan dengan akad Murabahah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen risiko pada produk pembiayaan KPR di PT Bank BCA Syariah Cabang Surabaya dipengaruhi oleh dua factor utama, yaitu factor internal yang terkait dengan kesalahan atau kelalaian dari pihak manajemen, dan factor eksternal yang dipengaruhi oleh kondisi nasabah. Untuk mengatasi risiko kredit macet pada produk KPR di PT Bank BCA Syraiah Cabang Surabaya, dilakukan serangkaian tindakan. Tahap yang melibatkan tindakan seperti tellecollection dan kunjungan langsung kepada nasabah yang mengalami masalah pembayaran angsuran. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada PT Bank BCA Syariah Cabang Surabaya agar meningkatkan evaluasi terhadap nasabah yang mengajukan pembiayaan. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir pembiayaan yang bermasalah dan mencegah kerugian bagi PT Bank BCA Syariah Cabang Surabaya. Selain itu, dalam penelitian selanjutnya, disarankan untuk melakukan studi yang lebih mendalam mengenai penerapan manajemen risiko produk pembiayaan KPR dengan akad Murabahah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanti, Iin Nuriinnuryanti2301@gmail.com08040420127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id198509042019031005
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Manajemen risiko; Kredit Macet
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Iin Yanti
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:55
Last Modified: 12 Feb 2024 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68437

Actions (login required)

View Item View Item