Efektifitas penggunaan media Tiktok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bariroh, Arini al (2024) Efektifitas penggunaan media Tiktok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arini al Bariroh_D01219013 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Arini al Bariroh_D01219013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji rumusan masalah: 1) Bagaimana penggunaan media Tiktok pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 5 Sidoarjo? 2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media Tiktok pada mata pelajaran PAI dan budi Pekerti di SMP N 5 Sidoarjo? 3) Bagaimana efektivitas penggunaan media Tiktok dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 5 Sidoarjo? Metode penelitian ini, penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan objek penelitian kelas VIII SMP N 5 Sidoarjo. Peneliti meneliti dua kelas yaitu kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent samples t-test untuk mengetahui signifikansi kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan N-Gain Score untuk mengukur efektivitas penggunaan media Tiktok. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) Penggunaan media Tiktok terkait materi PAI pada saat pembelajaran di SMP N 5 Sidoarjo termasuk dalam kategori sangat baik, yang berarti peserta didik mau menggunakan aplikasi Tiktok sebagai media pebelajaran. 2) Motivasi belajar peserta didik sebelum menggunakan media Tiktok pada pembelaran PAI termasuk dalam kategori rendah dengan hasil rata-rata 71.48 pada kelas kontrol dan hasil rata-rata 76.63 pada kelas eksperimen. Motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media Tiktok pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti mengalami peningkatan menjadi lebih baik dengan hasil rata-rata 77 pada kelas kontrol dan 88.72 pada kelas eksperimen. 3) Penggunaan media Tiktok terkait materi PAI pada saat pembelajaran, efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP N 5 Sidoarjo, hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent t-test yang memperoleh hasil 8.698 > 1.99773, yang menunjukan terdapat perbedaan signifikan saat pembelajaran PAI menggunakan media Tiktok atau tidak menggunakan media Tiktok. Nilai efektivitas penggunaan media Tiktok ditafsirkan menggunakan N-Gain Score, dimana hasil tes tersebut berjumlah 0.39 untuk kelas eksperimen yang berarti termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain Score kelas kontrol berjumlah 0,19, yang berarti termasuk kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bariroh, Arini alarinialbariroh@gmail.comD01219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Media Tiktok; motivasi belajar; peserta didik; mata pelajaran PAI; budi pekerti
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arini Al Bariroh
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:48
Last Modified: 19 Feb 2024 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68445

Actions (login required)

View Item View Item