Analisis yuridis terhadap putusan pengadilan agama Bangkalan Nomor 207/PDT.G/2023/PA.Bkl tentang izin poligami karena ingin memiliki anak perempuan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Mufatihatuttaubah Rorom Ika (2023) Analisis yuridis terhadap putusan pengadilan agama Bangkalan Nomor 207/PDT.G/2023/PA.Bkl tentang izin poligami karena ingin memiliki anak perempuan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufatihatuttaubah Rorom Ika Putri_05020120067 OK.pdf

Download (935kB)
[img] Text
Mufatihatuttaubah Rorom Ika Putri_05020120067 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Poligami merupakan fenomena yang masih terjadi di masyarakat Indonesia meskipun dibatasi ketat oleh hukum. Salah satu alasan yang kerap digunakan untuk melakukan poligami adalah keinginan memiliki anak dengan jenis kelamin tertentu. Penulisan skripsi yang berjudul: “Analisis Yuridis Terhadap Putusan Pengadilan Agama Bangkalan Nomor 207/Pdt.G/2023/PA.Bkl Tentang Izin Poligami Karena Ingin Memiliki Anak Perempuan” ini menjawab dua pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah, yaitu: 1. Bagaimana pertimbangan dan dasar hukum hakim PA Bangkalan dalam memutuskan perkara Nomor 207/Pdt.G/2023/PA.Bkl tentang izin poligami karena ingin memiliki anak perempuan. 2. Bagaimana relevansi antara Putusan PA Bangkalan Nomor 207/Pdt.G/2023/PA.Bkl tentang izin poligami karena ingin memiliki anak perempuan dengan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 Pasal 4 ayat (2). Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan menggunakan metode library research. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Data dikumpulkan melalui studi dokumen berupa Putusan PA Bangkalan Nomor 207/Pdt.G/2023/PA.Bkl. Selanjutnya, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif, yaitu menguraikan data mulai dari penjelasan teori hingga fakta-fakta yang diperolah dari data penelitian. Dalam penelitian ini dimulai dengan menguraikan teori mengenai poligami serta teori kewenangan hakim, kemudian menguraikan fakta yang ada dalam penelitian dan dianalisis dengan membandingkan fakta empiris putusan PA Bangkalan dengan ketentuan hukum dalam Undang-Undang mengenai poligami serta kewenangan hakim untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan alasan ingin memiliki anak perempuan, Majelis Hakim PA Bangkalan menggunakan pertimbangan dan dasar hukum dari peraturan perundang-undangan serta hukum Islam dalam memutuskan perkara poligami ini. Namun demikian, perkara dalam Putusan Nomor 207/Pdt.G/2023/PA.Bkl tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 4 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 karena Pemohon dan Termohon sudah dikaruniai tiga orang anak, yang menjadi bukti bahwa Termohon mampu memberikan keturunan, hal tersebut tidak sesuai dengan Pasal 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman bahwasanya hakim tidak diperkenankan untuk memutus perkara di luar ketentuan Undang-Undang yang berlaku, sehingga seharusnya Majelis Hakim tidak mengabulkan permohonan izin poligami yang diajukan oleh Pemohon. Penulis memberikan saran kepada para pemangku kebijakan agar salinan putusan dilengkapi dengan alasan atau penjelasan tambahan, agar publikasi salinan putusan lebih informatif dan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait pertimbangan hakim, serta kepada para suami yang ingin berpoligami agar mempertimbangkan keinginan dan alasan tersebut serta kemampuannya untuk bersikap adil kepada para istri serta anak-anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Mufatihatuttaubah Rorom Ikamufaaputrii@gmail.com05020120067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Keywords: Pernikahan; Poligami
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mufatihatuttaubah Rorom Ika Putri
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:11
Last Modified: 12 Feb 2024 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68451

Actions (login required)

View Item View Item