Kepemimpinan Demokratis Pengurus Masjid Rahmat Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlilah, Aafiyah Nur (2024) Kepemimpinan Demokratis Pengurus Masjid Rahmat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aafiyah Nur Fadlilah_04010420001 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aafiyah Nur Fadlilah_04010420001 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Kepemimpinan Demokratis Pengurus Masjid Rahmat Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kepemimpinan demokratis dalam kepengurusan Masjid Rahmat Surabaya, mengetahui efektivitas pimpinan pengurus masjid dengan gaya kepempimpinan demokratis, serta menyebutkan kelemahan dan kelebihan dari kepemimpinan tersebut. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan triangulasi data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini berasal dari 8 informan yang memiliki hubungan dengan organisasi kepengurusan Masjid Rahmat. Peneliti juga menggunakan jemaah sebagai informan tambahan. Dengan menggunakan pedoman wawancara, seluruh informan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan peneliti saat wawancara langsung. Mereduksi seluruh data, menyajikan fakta, dan menarik kesimpulan yang meyakinkan adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis data. Indikator yang dikaitkan dengan teori digunakan untuk mengelompokkan data, yang kemudian dijelaskan secara menyeluruh. Temuan analisis yang menunjukkan bahwa pimpinan bidang kemasjidan pengurus Masjid Rahmat Surabaya aktif berpartisipasi dan menerima masukan dari para bawahannya maupun jemaah, menguatkan anggapan bahwa kepemimpinan di Masjid Rahmat Surabaya memenuhi syarat pemimpin yang demokratis. Kepemimpinan Masjid Rahmat Surabaya mencerminkan sifat seorang pemimpin yang dapat mengayomi dan mendengarkan permasalahan dengan solusi dan musyawarah terhadap bawahannya maupun para jemaah Masjid Rahmat Surabaya. Adapun efektivitas kepemimpinan demokratis pada pimpinan bidang kemasjidan masjid Rahmat Surabaya ini tergolong maksimal dan efektif. Hal ini dibuktikan dari ter-realisasikannya ketiga unsur efektivitasnya seorang pemimpin yakni ketua atau pimpinan di bidang kemasjidan dengan kepemimpinan demokratis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlilah, Aafiyah Nuraafiyahh.nf@gmail.com04010420001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaletehan, Aun Falestienaunff@yahoo.co.id2014058201
Subjects: Masjid
Demokrasi
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan; Demokratis; Pengurus Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Aafiyah Nur Fadlilah
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:36
Last Modified: 20 Feb 2024 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68455

Actions (login required)

View Item View Item