Efektivitas pelaksanaan penyelenggaraan Ibadah Haji menggunakan Siskohat di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affandy, Edwin (2023) Efektivitas pelaksanaan penyelenggaraan Ibadah Haji menggunakan Siskohat di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edwin Affandy_B94218081 OK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Edwin Affandy_B94218081 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

efektivitas penyelenggaraan ibadah haji dengan bantuan SISKOHAT kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, serta mengetahui peluang dan tantangan SISKOHAT dalam penyelenggaraan ibadah haji, ibadah haji pada tahun tersebut kantor wilayah Kementerian Agama dari provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif atau studi komunikasi kualitatif, dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ibadah haji menggunakan SISKOHAT di kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur sangat efektif dalam meningkatkan kinerja pelayanan. Informasi Haji dan Sistem Komputer Terpadu (ISI) adalah pengelola pelayanan haji. Dilihat dari peluang dan tantangan SISKOHAT yaitu 1) Sistem Informasi dan Komputer Haji Terintegrasi yang terintegrasi dengan berbagai Kementerian Agama Negara/Kota dan Bank serta memudahkan Pemerintah dalam melakukan proses pendataan dan pemantauan. pendaftaran, pembayaran, pembatalan calon jemaah haji atau seluruh kegiatan ibadah haji dengan cepat dan akurat. 2) Sumber daya manusia SISKOHAT yang masih minim sehingga memerlukan peningkatan kualitas melalui pelatihan dan orientasi, dan yang terpenting adalah sistem rekrutmen dan penempatan agar pegawai SISKOHAT dapat memenuhi tuntutan peningkatan pelayanan masyarakat. Penelitian ini mengantisipasi gangguan-gangguan yang dapat menghambat operasional sistem informasi haji dan sistem komputer yang terintegrasi sehingga pelayanan haji dapat berjalan efisien dan optimal. Kemudian menyusun Prosedur Operasional Standar Organisasi Bidang Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa sebagai acuan pelaksanaan tugas secara efisien dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affandy, Edwinedwinaffandyez50@gmail.comB94218081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlham, MohMoh.ilham@uinsa.ac.id2022019104
Subjects: Haji
Ibadah
Manajemen Dakwah
Keywords: Efektivitas; Ibadah Haji; SISKOHAT
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Edwin Affandy
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:34
Last Modified: 13 Mar 2024 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68481

Actions (login required)

View Item View Item