Analisis kesiapan guru PAI terhadap penerapan kurikulum merdeka pada aspek evaluasi pembelajaran di SMPN 2 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Laily (2023) Analisis kesiapan guru PAI terhadap penerapan kurikulum merdeka pada aspek evaluasi pembelajaran di SMPN 2 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Rosyidah_D01219028 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Laily Rosyidah_D01219028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perubahan kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka. Dengan adanya perubahan pasti diperlukanya proses adaptasi dan juga terdapat sedikit perubahan pada komponen kurikulum yang terletak pada bahasa dan istilah yang ada. Kurikulum 2013 ditekankan pada guru dan kurikulum merdeka ini ditekankan kepada siswa dan mengutamakan kebebasan dalam berpikir, mengeksplorasi dari mana saja serta mengikuti kebutuhan peserta didik (student centered). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI berdasarkan kutikulum merdeka I SMPN 2 Waru Sidoarjo, (2) Kesiapan guru PAI terhadap penerapan kurikulum merdeka pada aspek evaluasi pembelajaran di SMPN 2 waru Sidoarjo, (3) problematika guru PAI pada aspek evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeja di SMPN 2 waru Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data dilakukan tahapan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka di SMPN 2 Waru Sidoarjo sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapan merencanakan evaluasi pembelajara dan pelaksanaan kurikulum merdeka juga terlaksana dengan lancar yang baru berlangsung selama satu semester tahun ajaran 2022-2023., (2) Kesiapan guru PAI dalam evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka sudah sesuai mengikuti tahapan-tahapan pada merencanakan evaluasi pembelajaran dan kesiapan SMPN 2 Waru Sidoarjo dengan adanya penerapan kurikulum merdeka sudah dibentuk sebuah komite di masing-masing mata pelajaran yang bertanggung jawab., (3) Problematika yang dihadapi guru saat melakukan evaluasi adalah lupa atau tidak dilakukan refleksi dan problematika yang terjadi di SMPN 2 Waru Sidoarjo saat penerapan kurikulum merdeka adalah terletak pada peserta didik dan orangtua, yaitu kendala dalam kebijakan menggunakan handphone.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Lailylelyrosyidah07@gmail.comd01219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyudi, M.-2001045703
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Kurikulum
Persepsi Guru
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kesiapan; kurikulum merdeka; evaluasi pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: laily rosyidah
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:52
Last Modified: 20 Feb 2024 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68491

Actions (login required)

View Item View Item