Optimalisasi program kerja sekolah International Islamic Education (IIE) untuk membudayakan kedisiplinan peserta didik di SMP Islam al Aly Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholahuddin, Minan (2024) Optimalisasi program kerja sekolah International Islamic Education (IIE) untuk membudayakan kedisiplinan peserta didik di SMP Islam al Aly Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Minan Sholahuddin_D01219032.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Minan Sholahuddin_D01219032_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Optimalisasi Program Kerja Sekolah IIE (International Islamic Education) untuk Membudayakan Kedisiplinan Peserta Didik merupakan bentuk pembudayaan kedisiplinan dengan menggunakan program kerja sekolah IIE (International Islamic Education) yang didalam program kerja tersebut terbagi menjadi 3 komponen yaitu International, Islamic dan Education. Dari ketiga komponen tersebut memiliki fungsi masing – masing dalam menanamkan budaya kedisiplinan peserta didik di SMP Islam Al-Aly Bojonegoro. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunujukab bahwa budaya disiplin di SMP Islam Al-Aly Bojonegoro cukup baik, akan tetapi masih perlu adanya peningkatan dalam membudayakan kedisiplinan peserta didik, adanya program kerja IIE (International Islamic Education) cukup membantu dalam membudayakan kedisiplinan peserta didik di SMP Islam Al-Aly Bojonegoro, dalam program kerja IIE (International Islamic Education) peserta didik diberikan pembiasaan – pembiasaan untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya disiplin, pembiasaan yang berada di program kerja IIE (International Islamic Education) berkaitan dengan komunikasi menggunakan Bahasa inggris, pembiasaan keagamaan, dan pembiasaan tepat waktu ketika masuk dan pulang sekolah, dalam pelaksanaan program kerja IIE (International Islamic Education) yang menadikan faktor penghambat utama adalah berkomunikasi menggunakan Bahasa inggris peserta didik lebih banyak memilih untuk diam dan menghindar ketika ada guru, pembiasaan keagamaan menjadi hal yang sangat baik dalam pelaksanaan program kerja IIE salah satu faktor pendorong pembiasaan keagamaan menjadi hal yang sangat baik adalah karena peserta didik di SMP Islam Al-Aly Bojonegoro juga merupakan santri di Pondok Pesantren Al-Aly.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholahuddin, MinanGus.Shola77@gmail.comD01219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorhunaida, wiwin luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Budaya Organisasi
Disiplin Sekolah
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Program kerja sekolah International Islamic Education (IIE); budaya disiplin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Minan Sholahuddin
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:34
Last Modified: 26 Feb 2024 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68499

Actions (login required)

View Item View Item