Strategi pengembangan pedagang kue dalam meningkatkan penjualan pasca pandemi di pasar Rizal Makmur Sidoarjo perspektif Maqāṣid al Sharī`ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjarwati, Wahyuni (2022) Strategi pengembangan pedagang kue dalam meningkatkan penjualan pasca pandemi di pasar Rizal Makmur Sidoarjo perspektif Maqāṣid al Sharī`ah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyuni Anjarwati_G74218143.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Wahyuni Anjarwati_G74218143_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian skripsi yang berjudul “Strategi Pengembangan Pedagang Kue Dalam Meningkatkan Penjualan Pasca Pandemi di Pasar Rizal Makmur Sidoarjo Perspektif Maqāṣid al-Sharī`ah” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan kue tradisional dalam meningkatkan penjualan pasca pandemi di Pasar Rizal Makmur Sidoarjo dan menganalisis strategi pengembangan pedagang kue tradisional dalam meningkatkan penjualan perspektif Maqāṣid al-Sharī`ah. Jenis dan pendekatan pada penelitian ini menggunakan jenis analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan memerlukan data primer yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada narasumber yang mengetahui secara jelas mengenai permasalahan yang akan diteliti. Narasumber dalam penelitian ini adalah para pedagang kue tradisional Yunie Cake, Barokah Jaya dan Jajanan Enak dan para pelanggan. Setelah data terkumpul selanjutnya peneliti akan mengolah data melalui proses pengeditan data, pengelompokan, analisis hingga penemuan hasil penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dari tiga pedagang kue tradisional yaitu Yunie cake, Barokah jaya dan Jajanan enak sudah melakukan strategi pengembangan usaha untuk meningkatkan penjualan dengan cara melakukan peningkatan kualitas produk, pengembangan pasar, strategi konsentrasi dan melakukan inovasi produk serta diriringi dengan melakukan marketing mix. Model kinerja dalam analisa Maqāṣid al-Sharī`ah pedagang kue tradisional Jajanan Enak belum menerapkan prinsip pokok Maqāṣid al-Sharī`ah yaitu hifẓu al-dīn (menjaga agama), hifẓu al-'Aql (menjaga akal), dan hifẓu al-mâl (menjaga kekayaan) dikarenakan pelaku usaha pura-pura lupa memberi uang kembali kepada pembeli. Sedangkan pedagang kue tradisional Yunie Cake belum menerapkan prinsip pokok hifẓu al-mâl (menjaga kekayaan) dan yang terakhir pedagang kue tradisional Barokah Jaya sudah sesuai dengan lima prinsip pokok Maqāṣid al-Sharī`ah pelaku usaha mempunyai akal untuk melakukan strategi pengembangan usahanya dan dalam melakukan pengembangan produk mengenai cita rasa pelaku usaha tidak memakai pewarna makanan dengan tujuan bisa menjaga jiwa pelanggan agar tidak sakit. Hasil penelitian menunjukan setelah melakukan strategi pengembangan pasca pandemi di Pasar Rizal Makmur Sidoarjo perspektif Maqāṣid al-Sharī`ah mampu membantu meningkatkan penjualan pedagang kue tradisonal. Saran untuk para pedagang kue tradisional hendaknya lebih meningkatkan jangkuan pemasaran lebih luas lagi dengan cara marketing mix dan diharapkan dapat membuat laporan keuangan dan dapat menerapkan konsep Maqāṣid al-Syarī`ah dalam berdagang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjarwati, Wahyunianjarwati2605@gmail.comG74218143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Pedagang > Kaki Lima
Pemasaran
Pedagang
Keywords: Strategi pengembangan; penjualan; Maqāṣid al Sharī`ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyuni Anjarwati
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:32
Last Modified: 20 Feb 2024 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68500

Actions (login required)

View Item View Item