Konstruksi Maskulinitas dan Implikasinya terhadap Perilaku Seksual Remaja di Surabaya: studi pada Mahasiswa UNAIR, ITS, dan UINSA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifullah, Muchammad Ilham (2023) Konstruksi Maskulinitas dan Implikasinya terhadap Perilaku Seksual Remaja di Surabaya: studi pada Mahasiswa UNAIR, ITS, dan UINSA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Ilham Saifullah_10020320052 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muchammad Ilham Saifullah_10020320052 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama, untuk melihat apa saja faktor yang mempengaruhi konstruksi maskulinitas remaja di Surabaya. Kedua adalah untuk melihat bagaimana perilaku seksual remaja di Surabaya. Ketiga adalah untuk melihat sejauh mana implikasi konstruksi maskulinitas terhadap perilaku seksual remaja di Surabaya. Konstruksi maskulinitas yang dimaksud oleh penulis adalah bagaimana konstruksi maskulinitas pada remaja dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari serta implikasinya terhadap perilaku seksual remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling dimana pengambilan sumber data dengan pertimbangan dan rekomendasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial Peter L. Berger. Pada hasil penelitian ini ditemukan bahwa konstruksi maskulinitas berimplikasi terhadap perilaku seksual remaja. Konstruksi maskulinitas dapat memberikan tekanan sosial pada remaja. Dengan adanya tekanan sosial dari konstruksi maskulinitas tersebut, tanpa disadari remaja bisa mengalihkan tindakannya kepada aktivitas seksual yang beresiko. Namun tidak semua remaja yang memegang nilai maskulinitas memiliki perilaku seksual yang beresiko.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifullah, Muchammad Ilhammilhamsaifullah@gmail.com10020320052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Masalah sosial
Pengambilan Keputusan
Psikologi Sosial
Reproduksi Manusia
Keywords: Konstruksi Maskulinitas; Perilaku Seksual; Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muchammad Ilham Saifullah
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:08
Last Modified: 26 Feb 2024 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68512

Actions (login required)

View Item View Item