Pengembangan kosaisyarat berbantu youtube dalam peningkatan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangestu, Aji (2023) Pengembangan kosaisyarat berbantu youtube dalam peningkatan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Aji Pangestu_02041021019 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2027.

Download (14MB)
[img] Text
Aji Pangestu_02041021019.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tanpa proses interaksi, hampir mustahil proses pembelajaran dapat dilakukan, dan untuk mencapainya butuh kemampuan yang disebut komunikasi dan motivasi. Sehingga penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal dan motivasi belajar siswa tunarungu, yang seharusnya memiliki kemampuan komunikasi interpersonal dan motivasi belajar untuk belajar maupun untuk survive di kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan pengembangan kosaisyarat berbantu youtube dalam peningkatan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa tunarungu, 2) untuk menguraikan praktik penerapan kosaisyarat yang dikembangkan berbantu youtube dalam peningkatan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa tunarungu, dan 3) untuk menganalisis keefektifan kosaisyarat yang dikembangkan berbantu youtube dalam peningkatan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa tunarungu kelas 4.2 di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Tahapannya yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa kelas 4.2 B SDLB Negeri Semarang, data dihimpun melalui instrumen angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah ditabulasikan, dianalisis memakai paired sample t-test berbantu aplikasi SPSS Statistik 27. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kosaisyarat berbantu youtube dikembangkan bekerjasama dengan start-up sosial “hearme.id” yang menghasilkan video dan diunggah ke kanal Youtube sebagai media pembelajaran, 2) pengembangan kosaisyarat berbantu youtube diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Proses penerapannya diobservasi melalui aktivitas guru; menunjukkan penerapan produk telah sesuai dengan RPP, melalui aktivitas siswa; menunjukkan siswa memperhatikan produk, merespon aktif pertanyaan dan antusias terhadap produk, dan melalui respon siswa terhadap produk; didapatkan nilai rata-rata 91.9 yang artinya respon siswa sangat baik terhadap produk. 3) hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi motivasi belajar sebesar 0.045, nilai signifikansi kemampuan komunikasi interpersonal sebesar 0.009, keduanya memiliki nilai signifikansi <0.05 yang berarti pengembangan kosaisyarat berbantu youtube efektif dalam peningkatan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa tunarungu kelas 4.2 di SDLB Negeri Semarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pangestu, Ajiajipangestu617@gmail.com02041021019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda@uinsby.ac.id2007017001
Thesis advisorAM, Mukhlishahmukhlishah@uinsby.ac.id2005056801
Subjects: Cacat - Tunarungu
Guru
Pendidikan Islam
Keywords: Kosaisyarat; youtube; motivasi belajar; komunikasi interpersonal; siswa tunarungu
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aji Pangestu
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:47
Last Modified: 21 Feb 2024 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68522

Actions (login required)

View Item View Item