Konsep childfree dalam buku Childfree and Happy karya Victoria Tunggono perspektif analisis wacana kritis Sara Mills

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Moch Yoga (2023) Konsep childfree dalam buku Childfree and Happy karya Victoria Tunggono perspektif analisis wacana kritis Sara Mills. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Yoga Firmansyah_E01219022 OK.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Moch Yoga Firmansyah_E01219022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemunculan istilah childfree yang akhir-akhir ini viral di media sosial atau masyarakat, sehingga menjadi polemik dalam kehidupan masyarakat. Childfree adalah keputusan sadar yang diambil oleh seseorang atau pasangan untuk hidup tidak atau bebas anak. Namun, stigma dan penilaian negatif terhadap childfree masih banyak muncul di masyarakat, terutama karena nilai-nilai sosial yang tidak selaras dengan pandangan childfree. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian ini akan menjawab problem akademik tentang bagaimana konsep childfree dalam buku Childfree and Happy karya Victoria Tunggono dan bagaimana konsep childfree dalam buku Childfree and Happy karya Victoria Tunggono, melalui analisis wacana kritis Sara Mills. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, menganalisis, mengidentifikasi, menginterpretasi dan menyimpulkan tentang posisi subjek-objek dan posisi pembaca dalam menggambarkan childfree dalam buku Childfree and Happy karya Victoria tunggono. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan metode analisis melalui content analisys atau analisis isi yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini berupa konsep childfree menurut Victoria Tunggono, mulai dari makna childfree, faktor penyebab memilih childfree, dan dampak yang dirasakan penyitas childfree. Kemudian, menurut analisis kritik wacana menghasilkan analisis tentang posisi subyek-obyek dan pembaca diantaranya adalah Victoria Tunggono selaku penulis buku Childfree and Happy dan 16 kontributor kisah childfree yang tidak hanya dari perempuan tapi juga laki-laki. Obyeknya ialah anak dalam konteks childfree karena sebagai hal yang dibahas oleh subyek. Analisis dari posisi pembaca terdapat dua bagian yakni kode budaya dimana Victoria seolah-olah menyampaikan pesan yang bersifat diyakini oleh pembaca yang sepaham dengan konsep childfreenya. Bagian kedua yakni dominant reading dimana pembaca menilai penulis buku dapat mempengaruhi pembaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Moch Yogamoch.yogafirmansyah18@gmai.comE01219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIslami, Wildah Nurulwildah.nurul.islami@uinsby.ac.id--
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah
Keywords: Childfree; Victoria Tunggono; Analisis Wacana Kritis; Sara Mills.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Moch Yoga Firmansyah
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:34
Last Modified: 28 Feb 2024 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68542

Actions (login required)

View Item View Item