Pengaruh rasio keuangan dan market capitalization perusahaan terhadap perubahan harga saham sektor properti dan real estate di bei periode 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniasari, Mita (2024) Pengaruh rasio keuangan dan market capitalization perusahaan terhadap perubahan harga saham sektor properti dan real estate di bei periode 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mita Kurniasari_08020320048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mita Kurniasari_08020320048_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Perusahaan dengan harga saham yang relatif stabil, secara tidak langsung menunjukkan bahwa perusahaan itu memiliki performa kinerja yang baik. Hal ini karena, perubahan harga saham disebabakan oleh beberapa factor, yaitu factor eksternal yang berasal dari risiko pasar dan factor internal yang dilihat dari kinerja perusahaan itu sendiri, serta factor lain seperti, tingkat likuiditas saham, market cap, ukuran perusahaan dan lainnya. Meskipun demikian, baik buruknya kinerja perusahaan tidak selalu dilihat dari pergerakan harga sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan dan market capitalization perusahaan terhadap perubahan harga saham sektor properti dan real estate di BEI periode 2018-2022. Adapun peneliti menggunakan NPM, ROA, ROE, EPS sebagai rasio keuangan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 20 perusahaan dari sektor properti yang dipilih melalui teknik purposive sampling, dengan data yang diambil adalah data perusahaan tiap kuartal selama 5 tahun, mulai dari 2018-2022. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumenter yang didapatkan dari website BEI, laman resmi perusahaan, aplikasi sekuritas dan sumber resmi lainnya. Teknik analisis data yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel NPM tidak berpengaruh terhadap harga saham, variabel ROA tidak berpengaruh terhadap harga saham, variabel ROE tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan variabel EPS berpengaruh terhadap harga saham dan yang yang terakhir, yaitu variabel market cap juga berpengaruh terhadap harga saham sektor properti dan real estate di BEI periode 2018-2022. Adapun nilai koefisien determinasi pada penelitian ini, yaitu 88%, dimana sisanya sebesar 12% dipengaruhi oleh factor di luar penelitian. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajemen perusahaan khususnya sektor properti untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan fundamental perusahaannya agar para investor juga banyak yang tertarik akan sahamnya sehingga permintaan akan saham tersebut juga meningkat. Dengan demikian, saham tersebut menarik untuk dijadikan tujuan investasi baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniasari, Mitamitakurniasari42@gmail.com08020320048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id198612132019032009
Subjects: Investasi
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Manajemen
Keywords: Rasio keuangan; market cap; harga saham; sektor properti
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Mita Kurniasari
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:30
Last Modified: 26 Feb 2024 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68579

Actions (login required)

View Item View Item