Representasi budaya Indonesia pada video klip musik Wonderland Indonesia 2: the Sacred Nusantara chapter 2 karya Affy Rev

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratista, Naufalisatya Buana (2024) Representasi budaya Indonesia pada video klip musik Wonderland Indonesia 2: the Sacred Nusantara chapter 2 karya Affy Rev. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naufalisatya Buana Pratista_04040520125 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Naufalisatya Buana Pratista_04040520125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Video klip "Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara" oleh Alffy Rev, Dewatlantis Studio, dan Rev Production bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia serta menginspirasi cinta di tanah air. Dengan menggabungkan lagu-lagu daerah dan nasional dalam animasi modern yang menakjubkan. Penelitian ini Menggunakan metode Analisis Teks Media dengan pendekatan Kritis. Temuan ini menyoroti gambaran eksplisit pesan budaya Indonesia, khususnya dalam bahasa, seni, dan agama, yang diwujudkan melalui elemen pendengaran, visual, dan pelengkap dalam video. Hasil penelitian ini yaitu terdapat beberapa unsur budaya yang ditampilkan secara tersirat dan juga unsur budaya berupa kesenian seperti peletakan motif batik “Megamendung” pada sisik ular dan tari kecak dan tari Tortor yang merupakan tarian yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Implikasinya menggaris bawahi pentingnya penggunaan simbol, ikon, dan indeks untuk menggambarkan secara jelas keragaman budaya, identitas lokal, dan tradisi rumit Indonesia. Alffy Rev memasukan berbagai unsur budaya yang ada di Indonesia karena Menyertakan unsur-unsur budaya dari berbagai daerah Indonesia dapat membantu memperkuat identitas kebangsaan serta rasa kebersamaan di antara masyarakat yang memiliki latar belakang budaya yang beragam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratista, Naufalisatya BuanaNaufalisatya@gmail.com04040520125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch. Choirulchoirul.arief@uinsby.ac.id2017107102
Subjects: Ilmu Komunikasi
Indonesia
Budaya
Keywords: Budaya Indonesia; video klip; musik Wonderland Indonesia 2
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S1 Naufalisatya Pratista
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:33
Last Modified: 26 Feb 2024 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68586

Actions (login required)

View Item View Item