Strategi kampanye DPC PDI Perjuangan Surabaya dalam pemenangan Eri-Armuji pada Pilwali Kota Surabaya 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhamad, Achmad (2023) Strategi kampanye DPC PDI Perjuangan Surabaya dalam pemenangan Eri-Armuji pada Pilwali Kota Surabaya 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Muhamad_I01219001 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Achmad Muhamad_I01219001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kampanye PDI Perjuangan Kota Surabaya dalam pemenangan Eri-Armuji pada pilwali kota surabaya tahun 2020 dan faktor yang menghambat dan mendukung kampanye partai PDI Perjuangan Surabaya selama pilwali surabaya tahun 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pilwali Kota Surabaya tahun 2020 yang diikuti oleh dua pasangan calon. Pasangan calon nomor satu Eri Cahyadi dan Armuji yang diusung dari partai PDI Perjuangan berhasil memenangkan Pilwali Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori strategi kampanye oleh Hafied Cangara dan teori marketing politik Niffenegger. Hasil dari penelitian ini yaitu Strategi Kampanye yang digunakan DPC PDI Perjuangan Surabaya dalam pemenangan Eri-Armuji pada pilwali surabaya tahun 2020 yaitu dengan cara pembentukan tim sukses, menentukan segmentasi dan target pemilih, merumuskan isu-isu kampanye, penjangkauan pemilih secara tatap muka, membentuk opini melalui media massa, dan merekrut tokoh-tokoh berpengaruh dan memiliki basis massa. Faktor-Faktor yang menghambat kampanye Eri Armudji pada pilwali 2020 yaitu adanya money politic, mayoritas partai politik di parlemen pendung pasangan pesaing dan hambatan pada manajemen komunikasi ketika kampanye. Sedangkan faktor yang mendukung kampanye Eri Armudji pada pilwali Kota Surabaya 2020 yaitu DPC PDI Perjuangan memiliki basis massa yang kuat dan pemenang pemilu legislatif dan eksekutif, mengusung pasangan calon dari kalangan birokrat dan politisi yang populer, faktor lain berasal dari efektivitas koordinasi dan kolaborasi dari internal partai politik yaitu antara DPC dan PAC PDI Perjuangan, serta dukungan dari tokoh-tokoh berpengaruh seperti mantan Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang cukup membantu karena merupakan figur yang banyak dicintai masyarakat Surabaya dan dianggap berhasil memimpin Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhamad, AchmadAchmadmuhamad1@gmail.comI01219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Ideologi Politik
Politik
Partai Politik
Keywords: Kampanye DPC; PDI Perjuangan; pemenangan Eri-Armuji
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Achmad Muhamad
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:14
Last Modified: 01 Mar 2024 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68596

Actions (login required)

View Item View Item