Konstruksi politik identitas pada pemberitaan cnnindonesia.com: analisis framing model Robert N Entman pada kampanye pemilihan presiden 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyaningrum, Erwinda Dwi Ratna (2023) Konstruksi politik identitas pada pemberitaan cnnindonesia.com: analisis framing model Robert N Entman pada kampanye pemilihan presiden 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erwinda Dwi Ratna Setyaningrum_04010520012.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Erwinda Dwi Ratna Setyaningrum_04010520012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia politik, media dimanfaatkan sebagai alat untuk kampanye guna memperoleh dukungan suara dari masyarakat luas. Hal ini juga dimanfaatkan media sebagai bentuk strategi untuk meningkatkan jumlah pembaca. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembingkaian berita yang dilakukan oleh CNNIndonesia.com berdasarkan model Robert N Entman. Framing model Robert N Entman memiliki tahapan analisis, yaitu pendefinisian masalah (define problem), mendiagnosis kasus (diagnose cause), membuat penilaian moral (moral judgement), serta rekomendasi penyelesaian (treatment recommendation). Hasil penelitian menunjukkan Isu politik identitas dikonstruksi CNNIndonesia.com secara terbuka dan menonjolkan poin identitasnya. Definisi permasalahan dikonstruksi dalam bentuk isu yang populer pada saat berita ini diterbitkan. Diagnosa penyebab dikonstruksi dengan menganalisis penyebab permasalahan dengan menampilkan poin utama. Penilaian moral dikonstruksikan dengan menampilkan keputusan moral secara sederhana. Rekomendasi penyelesaian dikonstruksikan dengan kalimat tegas dan bermakna, yang mengarah kepada suatu tindakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyaningrum, Erwinda Dwi Ratnaerwindadwi2002@gmail.com04010520012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Politik
Keywords: Politik identitas; CNNIndonesia.com; Robert N Entman
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Erwinda Dwi Ratna Setyaningrum
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:21
Last Modified: 26 Feb 2024 05:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68597

Actions (login required)

View Item View Item