Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi di Shafira Tour & Travel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Nur Laila (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi di Shafira Tour & Travel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laila Novitasari_04040420085 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nur Laila Novitasari_04040420085.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi serta untuk mengetahui apakah kepuasan kerja dapat memoderasi hubungan antara gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data berupa PLS untuk menjawab tujuan dari penelitian.Penelitian ini menghasilkan 3 jawaban diantaranya: Pertama, gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan dapat dilihat dari nilai t-statisticyang memiliki nilai 3.963 > 1.68 sehingga menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dan nilai koefisien jalur adalah positif (0.503). Maka dari itu, semakin baik gaya kepemimpinan maka akan semakin tinggi pula komitmen organisasi para karyawan, begitupun sebaliknya semakin rendah gaya kepemimpinan maka akan semakin rendah pula komitmen organisasi karyawan. Kedua, Nilai hubungan gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi dapat diidentifikasi melalui hasil uji R-square. Berdasarkan pada data pada tabel diatas, dapat diketahui bahwa nilai R-square variabel komitmen organisasi adalah 0.349 perolehan nilai tersebut menjelaskan bahwa kemampuan gaya kepemimpinan dalam mempengruhi komitmen organisasi adalah rendah yaitu 34.9% (pengaruh rendah), sedangkan 65.1% sisanya dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Ketiga, kepuasan kerja tidak memoderasi hubungan antara gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi. Dapat disimpulkan dari hasil analisis data dalam tabel path coeffisient menunjukkan bahwasannya nilai konstruk kepuasan kerja memiliki pengaruh positif (1.038) tetapi tidak signifikan (0.299) dalam memoderasi pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi dengan nilai t-statistic1.038 < 1.68, dan nilai p-valuess sebesar 0.299 > 0.05.oleh karena itu kepuasan memperlemah pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Nur Lailanurlailanovitasari@gmail.com04040420085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Pedagang
Keywords: Gaya kepemimpinan; komitmen organisasi; kepuasan kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nur Laila Novitasari
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:22
Last Modified: 27 Feb 2024 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68608

Actions (login required)

View Item View Item