Pengaruh kemampuan komunikasi organisasi terhadap efektivitas kerja karyawan dengan budaya kerja sebagai variabel moderasi pada karyawan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Persada Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriyani, Indriyani (2024) Pengaruh kemampuan komunikasi organisasi terhadap efektivitas kerja karyawan dengan budaya kerja sebagai variabel moderasi pada karyawan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Persada Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indriyani_04010420009 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Indriyani_04010420009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi organisasi terhadap efektivitas kerja karyawan dan untuk mengetahui apakah budaya kerja dapat memoderasi hubungan antara komunikasi organisasi dengan efektivitas kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dan deskriptif hipotesis. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa PLS untuk menjawab tujuan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) komunikasi organisasi berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap efektivitas kerja karyawan di LAZ Persada Jawa Timur. Dari hasil uji hipotesis, diketahui nilai t-statistic menunjukkan 3.404 > 1.85, sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, dan nilai koefisien jalur adalah positif dengan nilai 0.533. Oleh karena itu, semakin efektif komunikasi organisasi, maka akan semakin baik efektivitas kerja karyawan, begitu juga sebaliknya. (2) Komunikasi organisasi memiliki hubungan terhadap efektivitas kerja karyawan dengan nilai R-square sebesar 0.850. Dari nilai ini menjelaskan bahwa kemampuan komunikasi organisasi dalam mempengaruhi efektivitas kerja karyawan masuk dalam kategori baik, yaitu 85% (pengaruh tinggi). Sedangkan 15% sisanya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Maka, komunikasi organisasi mengandung hubungan kuat dan baik terhadap efektivitas kerja karyawan di LAZ Persada Jawa Timur dengan nilai 85%. (3) Budaya kerja tidak memberikan moderasi pada pengaruh hubungan antara komunikasi organisasi dan efektivitas kerja karyawan. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan nilai t-statistic sebesar 0.042 < 1.85 dan nilai p-value sebesar 0.963 > 0.50. Juga, nilai koefisien jalur yang positif sebesar 0.003 dan ada juga nilai uji moderasi yang lemah, yakni 0.000. Oleh karena itu, budaya kerja tidak memberikan moderasi pada pengaruh hubungan antara komunikasi organisasi dan efektivitas kerja karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriyani, Indriyanianiindriyani2082@gmail.com04010420009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen Komunikasi
Amil Zakat
Keywords: Komunikasi organisasi; kerja karyawan; budaya kerja; Lembaga Amil Zakat (LAZ)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Indriyani Indriyani
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:46
Last Modified: 27 Feb 2024 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68635

Actions (login required)

View Item View Item