Analisis penentuan tarif sewa stand pada unit pasar desa di Bumdes Sekar Arum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Leksono, Aditya Kurnia (2024) Analisis penentuan tarif sewa stand pada unit pasar desa di Bumdes Sekar Arum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aditya Kurnia Leksono_G92218061 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aditya Kurnia Leksono_G92218061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan paling luar dalam sebuah susunan negara adalah pembangunan dalam ranah desa. Dalam hal ini, pemerintah desa diberikan wewenang dalam mengelola daerah secara mandiri melalui lembaga ekonomi yang dikenal dengan Badan Usaha Milik Desa atau disingkat menjadi BUMDes. Dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat melalui BUMDes dimana didasari landasan hukum berupa Pasal 213 ayat (1) UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan bahwa desa mempunyai kewenangan untuk mendirikan badan usaha milik desa yang disebut juga BUMDes guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa dengan memanfaatkan sumber daya desa. Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui penentuan tarif dari BUMDes “Sekar Arum” Desa Janti, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo dan (2) Untuk menganalisa tarif sesuai dengan metode cost plus pricing yang ada pada BUMDes “Sekar Arum” Desa Janti, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Dengan metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian kualitatif deskriptif dan analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyortiran data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan adanya perbedaan dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode cost plus pricing mengenai tarif sewa stand ini seharusnya sebesar Rp2.652.000 setahun atau sekitar 0,88% dari harga tarif sewa yang ditetapkan oleh pihak BUMDes “Sekar Arum”. Peneliti berharap agar hasil penelitian ini menjadi bahan pertimbangan bagi pengurus BUMDes “Sekar Arum” dalam menetapkan tarif pada tahun berikutnya. Hal ini diharapkan dapat pula meningkatkan Pendapatan Desa Janti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Leksono, Aditya Kurniaadityakurnialeksono.9c@gmail.comG92218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Fasilitas Umum
Pengambilan Keputusan
Keuangan
Sewa
Keywords: Tarif Sewa; BUMDes; Metode Cost Plus Pricing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Aditya Kurnia Leksono
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:23
Last Modified: 29 Feb 2024 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68665

Actions (login required)

View Item View Item