Pengaruh green marketing, brand image, dan kualitas produk dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi terhadap minat beli ulang produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) merek Le Minerale

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwanti, Nisa' (2024) Pengaruh green marketing, brand image, dan kualitas produk dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi terhadap minat beli ulang produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) merek Le Minerale. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisa' Purwanti_08020320058 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Nisa' Purwanti_08020320058.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di seluruh penjuru dunia sejalan dengan perkembangan industri dan lingkungan. Berlandaskan teknologi, saat ini perusahaan dapat leluasa masuk ke dalam pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta mendorong mereka melakukan inovasi dalam bisnis. Salah satu bisnis yang memiliki perkembangan cukup pesat adalah Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air sebagai satu energi penting manusia untuk bertahan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel green marketing, brand image, dan kualitas produk terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Le Minerale. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode cluster sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 350 responden yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang merupakan model persamaan dari Structural Equation Model (SEM) yang diolah melalui software SmartPLS 4.0.9.7 Metode analisis menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel green marketing, brand image, dan kualitas produk masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Variabel green marketing dan kualitas produk masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Sedangkan brand image tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Peran variabel mediasi yaitu kepuasan konsumen dalam penelitian ini memediasi secara partial mediation pada green marketing dan kualitas produk. Sedangkan pada brand image, variabel mediasi yaitu kepuasan konsumen memediasi secara full mediation terhadap minat beli ulang produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Le Minerale. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pemangku kepentingan perusahaan agar konsisten melakukan promosi produk melalui penerapan green marketing yang tepat, mempertahankan dan meningkatkan brand image perusahaan, serta meningkatkan kualitas produk sesuai dengan standar mutu tinggi. Sehingga beberapa hal tersebut memunculkan kepuasan konsumen dan berakhir pada minat beli ulang. Kata kunci: green marketing, brand image, kualitas produk, kepuasan konsumen, minat beli ulang, Le Minerale

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwanti, Nisa'nisapurwanti08@gmail.com08020320058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAini, Saqofa Nabilahsaqofa.nabilah.aini@uinsby.ac.id199301092020122028
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Bisnis
Keywords: Green marketing; brand image; kualitas produk; kepuasan konsumen; air Le Minerale
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Nisa Purnomo
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:20
Last Modified: 29 Feb 2024 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68674

Actions (login required)

View Item View Item