Implementasi realisasi alokasi dana desa melalui badan usaha milik desa (BUMdes) untuk meningkatkan kesejahteraanMasyarakat: studi kasus BUMDes Desa Rejeni, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Tika (2023) Implementasi realisasi alokasi dana desa melalui badan usaha milik desa (BUMdes) untuk meningkatkan kesejahteraanMasyarakat: studi kasus BUMDes Desa Rejeni, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tika Pratiwi_G91219100.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tika Pratiwi_G91219100_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Implementasi Realisasi Alokasi Dana Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus BUMDes Desa Rejeni, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo) bertujuan untuk mengetahui bagaimana realisasi alokasi dana desa melalui BUMDes di Desa Rejeni dan juga bagaimana peran BUMDes tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan beberapa pihak terkait yaitu meliputi sekretaris Desa Rejeni, pengurus BUMDes Desa Rejeni, serta beberapa masyarakat yang diambil dari beberapa petani di Desa Rejeni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan anggaran dana desa telah terealisasi dengan baik melalui BUMDes dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena telah sesuai dengan aturan penggunaan dana desa berdasarkan KEMENKEU RI dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 222/PMK.07/2020. Anggaran dana desa oleh Pemerintah Desa Rejeni sebagian besar digunakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu anggaran dana desa juga telah direalisasikan untuk pemulihan ekonomi dan pengembangang sektor prioritas melalui BUMDes. Dari adanya BUMDes ini masyarakat dapat terus bertani dan mencukupi kebutuhan keluarganya. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, bagi masyarakat Desa Rejeni terutama petani hendaknya lebih bersemangat lagi untuk bertani dan meningkatkan hasil pertaniannya, untuk pemerintah diharapkan lebih memperhatikan pengelolaan BUMDes khususnya terkait masalah finansial, dan untuk peneliti selanjutnya diharapakan dapat memberikan pembaharuan dalam segi penelitian terlebih dalam segi pembahasan mengenai pengelolaan dana desa melalui BUMDes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Tikatikap1414@gmail.comG91219100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Keuangan > Dana Bantuan
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Dana desa; BUMDes; kesejahteraan masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Tika Pratiwi
Date Deposited: 06 Mar 2024 05:20
Last Modified: 06 Mar 2024 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68721

Actions (login required)

View Item View Item