Penggunaan media pop up book untuk mengembangkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran IPA materi siklus air di kelas V MI al Karim Gondang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadila, Septi Endah Nur (2024) Penggunaan media pop up book untuk mengembangkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran IPA materi siklus air di kelas V MI al Karim Gondang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septi Endah Nur Fadila_D97219101 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Septi Endah Nur Fadila_D97219101.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa untuk memahami pembelajaran khususnya pada materi siklus air, Sebagai seorang guru harus mengetahui letak kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, sehingga guru di dorong untuk berinovasi dan berkreasi dalam proses pembelajaran, salah satunya melalui penyediaan media pembelajaran Pop Up Book berupa buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau memiliki unsur 3 dimensi serta memberikan visualisasi cerita yang menarik sehingga dapat mempermudah pemahaman siswa, khususnya dalam pelajaran IPA materi siklus air. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan media Pop Up Book untuk mengembangkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA Materi Siklus Air di kelas V MI Al Karim Gondang. (2) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan media Pop Up Book dalam mengembangkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA Materi Siklus Air di kelas V MI Al Karim Gondang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang dipaparkan berupa deskripsi. Data tersebut berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini dengan cara purposive. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian bahwa penggunaan media Pop Up Book mampu mengembangkan pemahaman siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA materi Siklus Air di Kelas V MI Al Karim Gondang. Dalam pemahaman instrumental siswa mampu menghafal materi siklus air. Dalam pemahaman relasional siswa mampu menjelaskan masing-masing tahapan siklus air. Dalam pemahaman logis siswa mampu mengaitkan secara logis manfaat siklus air terhadap kehidupan. Kelebihan media pop-up book ialah menyampaikan visual cerita yang sungguh menyenangkan, menggugah rasa ingin tahu siswa serta memperkuat kesan dan ingatannya. Kekurangan dari media Pop Up Book adalah pembuatan dan pengajarannya membutuhkan waktu yang lebih lama, karena memerlukan persiapan yang lebih matang dan memerlukan modal yang cukup besar untuk membuat media tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadila, Septi Endah Nurseptiendah006@gmail.comD97219101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id197407172014112003
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media pop up book; pemahaman siswa; siklus air
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Septi Endah Nur Fadila
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:24
Last Modified: 04 Mar 2024 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68728

Actions (login required)

View Item View Item