Efektivitas penggunaan metode storytelling terhadap minat belajar peserta didik Kelas VII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gunawan, Solikhah Milenia Nanda (2023) Efektivitas penggunaan metode storytelling terhadap minat belajar peserta didik Kelas VII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Solikhah Milenia Nanda Gunawan_D01218050 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Solikhah Milenia Nanda Gunawan_D01218050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan metode Storytelling pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 26 Surabaya, 2) Minat belajara peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya, 3) Efektivitas penggunaan metode Storytellingterhadap minat belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design, guna mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu random sampling dengan cara pengambilan secara acak dari populasi. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan parametrik. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa; 1) Penggunaan metode Storytelling pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 26 Surabaya terlaksana dengan baik. 2) Minat belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PAI mengalami peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya metode Storytelling dengan nilai rata-rata dari skor angket 56,42 menjadi 60,62. 3) Penggunaan metode Storytelling cukup efektif terhadap minat belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 26 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian Sig. (2-tailed) yakni sebesar 0,000. Nilai ini menunjukkan (kurang dari) <0,05 dari taraf signifikansi dalam Uji Paired Sampel T-Test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gunawan, Solikhah Milenia Nandamileniananda11@gmail.comD01218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Keywords: Efektivitas; metode storytelling; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Solikhah Milenia
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:37
Last Modified: 08 Mar 2024 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68732

Actions (login required)

View Item View Item