Strategi komunikasi penyiaran Radio Ramapati Pasuruan 92.7 FM dalam penggunaan aplikasi radio box pada kalangan remaja di Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuadina, Permata Ihda (2023) Strategi komunikasi penyiaran Radio Ramapati Pasuruan 92.7 FM dalam penggunaan aplikasi radio box pada kalangan remaja di Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Permata Ihda Fuadina_04010520024.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Permata Ihda Fuadina_04010520024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Perubahan pada teknologi radio menyebabkan radio perlahan tergantikan dan bisa tertinggal mengingat pentingnya peran radio sebagai sumber informasi, hiburan, dan edukasi. Salah satu stasiun radio Ramapati Pasuruan 92.7 FM mengalami di posisi tersebut sehingga mereka harus menggunakan strategi komunikasi yang tepat untuk tetap bertahan memperoleh banyak pendengar. Salah satunya adalah transformasi radio tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi penyiaran radio Ramapati Pasuruan 92.7 FM dalam penggunaa alikasi radio box pada kalangan remaja di Kota Pasuruan. Jenis penelitian ini kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, teori yang digunakan teori strategi komunikasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Radio Ramapati Pasuruan 92.7 FM telah memiliki dan menerapkan lima strategi komunikasi meliputi, (1) melakukan transformasi dari radio konvensional ke digital melalui radio box, (2) bekerja sama dengan komunitas masyarakat, (3) melakukan studi tiru ke radio lain, (4) selalu mengacu pada radio besar RRI, (5) masuk di organisasi perkumpulan radio PERSADA. Remaja di Kota Pasuruan memberikan tanggapan positif dan penilaian baik setelah mendengarkan radio box selama satu bulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuadina, Permata Ihdafuadinapermata@gmail.com04010520024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Strategi komunikasi; penyiaran radio; radiobox
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fuadina Sutrisno
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:55
Last Modified: 05 Mar 2024 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68737

Actions (login required)

View Item View Item