Perubahan tingkat kelancaran pembayaran pembiayaan nasabah pada masa pandemi covid 19: studi kasus di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifatulloh, Nur (2023) Perubahan tingkat kelancaran pembayaran pembiayaan nasabah pada masa pandemi covid 19: studi kasus di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kholifatulloh_G94216194 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Nur Kholifatulloh_G94216194.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perubahan tingkat kelancaran pembayaran pembiayaan nasabah pada masa pandemi COVID-19, dengan mengambil studi kasus di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi ekonomi dan keuangan global, termasuk sektor keuangan mikro seperti KSPPS. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen dan nasabah KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan signifikan dalam tingkat kelancaran pembayaran pembiayaan nasabah. Beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan ini antara lain adalah penurunan pendapatan nasabah, pengurangan jam kerja, dan penutupan usaha. Dalam menghadapi situasi ini, KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera telah melakukan langkah-langkah seperti restrukturisasi pembiayaan, memberikan kelonggaran pembayaran, dan memberikan bantuan kepada nasabah yang terdampak secara finansial. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan tingkat kelancaran pembayaran pembiayaan nasabah pada masa pandemi covid 19. Penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera dilakukan dengan beberapa cara yakni dengan Rescheduling, Reconditioning, dan Restructuring. Dari hasil penelitian ini, saran yang penulis ajukan untuk objek penelitian yaitu pihak KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera diharapkan agar lebih memaksimalkan evaluasi terhadap nasabah-nasabah yang mengajukan pembiayaan. Dan dapat memberikan relaksasi pembiayaan secara bijaksana pada nasabah yang bermasalah. Selain itu, untuk penelian selanjutnya diharapkan agar dapat memperbanyak kajian yang lebih mendalam mengenai pembiayaan bermasalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifatulloh, Nurnurkholifah07808@gmail.comG94216194
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Administrasi
Bank Koperasi
Keuangan
Keywords: Tingkat kelancaran; pembayaran; pembiayaan; nasabah bermasalah; pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NUR KHOLIFATULLOH
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:32
Last Modified: 06 Mar 2024 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68750

Actions (login required)

View Item View Item