Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Film 99 Nama Cinta karya Danial Rifki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Indah (2024) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Film 99 Nama Cinta karya Danial Rifki. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Rahayu_06020120034 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Indah Rahayu_06020120034 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah aspek krusial dalam dunia pendidikan. Manusia tidak hanya memerlukan pengetahuan umum saja, melainkan juga kekuatan spiritual dalam bidang keagamaan agar dapat menciptakan individu yang berakhlak mulia dan menjadi insan yang utuh (insan kamil) sesuai dengan ajaran Islam. Ragam jenis media pembelajaran baik elektronik maupun non-elektronik yang dapat dimanfaatkan oleh para pendidik. Film adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang efektif dalam hal ini. Film tidak hanya berfungsi sebagai alat pembelajaran, namun juga mampu mentransfer nilai-nilai pendidikan Islam kepada individu. Salah satu contoh film yang menggambarkan nilai-nilai pendidikan Islam adalah "99 Nama Cinta" yang disutradarai oleh Danial Rifki. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan Islam yang tersirat dalam film "99 Nama Cinta" karya Danial Rifki.Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek akidah dalam film 99 Nama Cinta karya Danial Rifki. (2) Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek syariah dalam film 99 Nama Cinta karya Danial Rifki. (3) Untuk menganalisis nilai-nilai Pendidikan Islam aspek akhlak dalam film 99 Nama Cinta karya Danial Rifki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu analisis isi (content analysis). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa film “99 Nama Cinta” karya Danial Rifki memiliki nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalamnya. Nilainilai pendidikan Islam yang termuat dalam film “99 Nama Cinta” diantaranya adalah: (1) Nilai Pendidikan Islam aspek akidah meliputi beriman dan mengabdi kepada Allah, mencintai Allah, husnudzan, membaca ayat suci Al-Quran, gemar berdakwah, tanggung jawab dan amanah, tawakal, dan qanaah. (2) Nilai pendidikan Islam aspek syariah meliputi tolong menolong, menyambung tali silaturahim, saling menasehati dalam hal kebaikan, jual beli, dan musyawarah. (3) Nilai Pendidikan Islam aspek akhlak meliputi gemar bersholawat, murah senyum, sabra, bersyukur kepada Allah, optimis dan pantang menyerah, kreatif, cinta ilmu, menunaikan wasiat, sopan dan santun, menghormati tamu, saling memaafkan, setia kawan, dan tabayyun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Indahinndahrahayyu@gmail.com06020120034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir MalikiUNSPECIFIED197111081996031002
Thesis advisorFahmi, MuhammadUNSPECIFIED197708062014111001
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Film
Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam; Film 99 Nama Cinta karya Danial Rifki
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Rahayu
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:15
Last Modified: 19 Mar 2024 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68790

Actions (login required)

View Item View Item