Analisis kritik terhadap kehendak bebas Ayanokouji Kiyotaka dalam novel Classroom of The Elite perspektif humanisme Ali Syari’ati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Ahmad Sarif (2024) Analisis kritik terhadap kehendak bebas Ayanokouji Kiyotaka dalam novel Classroom of The Elite perspektif humanisme Ali Syari’ati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Sarif Hidayatullah_07040120065.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Sarif Hidayatullah_07040120065_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi ini, tujuan utamanya adalah untuk mendeskripsikan karakter Ayanokouji Kiyotaka dalam novel Classroom of the Elite (Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi No Kyoushitsu E) karya Shougo Kinugasa yang mengkaitkannya dengan konsep Humanisme Ali Syari’ati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan fokus pada teks novel. Hasil penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konsep Humanismenya, Ali Syari’ati menjelaskan terkait manusia ideal yang disebut sebagai insan. Ayanokouji Kiyotaka sebagai tokoh dalam novel tersebut mewakili beberapa konsep humanisme Ali Syari’ati, yakni kriteria manusia yang melalui proses untuk menjadi manusia ideal atau yang di istilahkan dengan basyar menuju insan. Akan tetapi dalam karakter Ayanokouji ada konsep kehendak bebasnya yang tidak sesuai dengan kehendak bebas yang di idealkan oleh Ali Syari’ati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ayanokouji mengejar kebebasan mutlak untuk mencapai tujuannya, dia cenderung tidak memedulikan dampak moral dari tindakannya dengan menempatkan kemenangan pribadinya di atas segalanya. Hal ini menandakan bahwa Ayanokouji belum sepenuhnya mencapai tingkat kehendak bebas yang sejati menurut konsep Ali Syariati. Kritik ini menggarisbawahi ketidaksempurnaan karakter Ayanokouji dalam mencapai kehendak bebas yang sejati, sebagaimana yang diidealkan oleh Syariati. Dalam penelitian ini berfokus pada karakteristik, kehendak bebas, dan humanisme Ali Syariati dalam tokoh Ayanokouji Kiyotaka maka saya menyarankan untuk penelitian selanjutnya bisa berfokus pada konsep kesetaraan manusia yang juga ada dalam novel Classroom of the Elite ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Ahmad Sarifahmad.sarif2002@gmail.com07040120065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Filsafat
Islam dan Humanisme
Kepribadian
Keywords: Kehendak bebas; humanisme; Jitsuryoku Shijou Shugi; novel Classroom of The Elite; Ayanokouji Kiyotaka; Ali Syari’ati
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ahmad Sarif Hidayatullah
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:44
Last Modified: 08 Mar 2024 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68800

Actions (login required)

View Item View Item