Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka terhadap penilaian kreativitas siswa berbasis produk dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Lailatul Zulfi (2024) Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka terhadap penilaian kreativitas siswa berbasis produk dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Zulfi Rofiqoh_06040120083 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lailatul Zulfi Rofiqoh_06040120083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka terhadap Penilaian Kreativitas Siswa Berbasis Produk pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap penilaian kreativitas berbasis produk dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo, 2) mengetahui hasil penilaian kreativitas berbasis produk dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo, 3) mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap penilaian kreativitas berbasis produk dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri Sidoarjo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai metode penelitian. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Sidoarjo, Jl. Untung Surapati No. 24, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, serta tabulasi. Analisis data menggunakan beberapa uji statistik diantaranya yaitu uji validitas yang berfungsi untuk mengetahui tingkat keabsahan suatu item dalam instrumen penelitian, uji reliabilitas berguna untuk menaksir konsistensi kuisioner dalam suatu indikator, serta korelasi pearson yang berfungsi untuk menaksir keeratan hubungan secara linier antara dua variabel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan memperoleh hasil, 1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo rata-rata skor 84 dengan presentase 68% termasuk pada kategori sedang. 2) Hasil penilaian kreativitas siswa berbasis produk rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 92 dengan presentase 75% dan termasuk kategori sedang. 3) Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka terhadap penilaian kreativitas siswa berbasis produk pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo diperoleh hasil korelasi product moment sebesar -0,114 yang menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antar dua variabel sangat lemah cenderung tidak ada dan memiliki arah yang berlawanan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka terhadap penilaian siswa berbasis produk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Lailatul Zulfilailizulfi25@gmail.com06040120083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorZaini, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kecakapan
Keterampilan
Minat Siswa
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; penilaian kreativitas; produk
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Zulfi Rofiqoh
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:39
Last Modified: 08 Mar 2024 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68817

Actions (login required)

View Item View Item