Kontribusi interaksi pembelajaran dalam penyelenggaraan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 19 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Rohmatul (2023) Kontribusi interaksi pembelajaran dalam penyelenggaraan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Afifah_D91219149 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rohmatul Afifah_D91219149 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : 1. Proses implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI kelas 7 di SMPN 19 Surabaya 2. Analisis kebutuhan interaksi pembelajaran untuk mendukung penyelenggaraan kurikulum merdeka di SMPN 19 Surabaya 3. Interaksi pembelajaran di SMPN 19 Surabaya berkontribusi terhadap kesuksesan penyelenggaraan kurikulum merdeka. Interaksi pembelajaran merupakan hubungan timbal balik antara pendidik dengan peserta didik dalam suatu sistem pengajaran yang mempunyai faktor penting dalam usaha mencapai terwujudnya situasi pembelajaran yang baik, dilihat dari objeknya interaksi pembelajaran di SMPN 19 Surabaya sudah menggunakan kurikulum merdeka, dengan menggunakan kurikulum merdeka peserta didik diberikan kebebasan memilih minat belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dilaksanakan dengan pendekatan penelitian lapangan atau field research. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data, data tersebut dianalisis melalui proses kondensasi data, penyajian data, kemudian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SMPN 19 Surabaya tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yang membedakan hanyalah jam mata pelajaran setelah sholat dhuhur, pada kurikulum 2013 setelah sholat dhuhur di SMPN 19 masih ada pelajaran namun setelah pergantian kurikulum pelajaran setelah dhuhur diganti oleh kegiatan keterampilan. Namun dengan menggunakan kurikulum merdeka kegiatan pembelajaran di dalam kelas lebih efektif daripada kurikulum sebelumnya karena dengan menggunakan kurikulum merdeka peserta didik lebih bisa memahami dengan cepat, akan tetapi pendidik juga perlu mengevaluasi peserta didik agar bisa lebih percaya diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, RohmatulD91219149@student.uinsby.ac.idD91219149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, MuhammadUNSPECIFIED2106087701
Thesis advisorHunaida, Wiwin LuqnaUNSPECIFIED2002077402
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Interaksi pembelajaran; Kurikulum Merdeka; pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmatul Afifah
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:49
Last Modified: 27 Mar 2024 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68818

Actions (login required)

View Item View Item