This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Afifah, Rohmatul (2023) Kontribusi interaksi pembelajaran dalam penyelenggaraan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rohmatul Afifah_D91219149 ok.pdf Download (3MB) |
|
Text
Rohmatul Afifah_D91219149 full.pdf Restricted to Repository staff only until 27 March 2027. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : 1. Proses implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI kelas 7 di SMPN 19 Surabaya 2. Analisis kebutuhan interaksi pembelajaran untuk mendukung penyelenggaraan kurikulum merdeka di SMPN 19 Surabaya 3. Interaksi pembelajaran di SMPN 19 Surabaya berkontribusi terhadap kesuksesan penyelenggaraan kurikulum merdeka. Interaksi pembelajaran merupakan hubungan timbal balik antara pendidik dengan peserta didik dalam suatu sistem pengajaran yang mempunyai faktor penting dalam usaha mencapai terwujudnya situasi pembelajaran yang baik, dilihat dari objeknya interaksi pembelajaran di SMPN 19 Surabaya sudah menggunakan kurikulum merdeka, dengan menggunakan kurikulum merdeka peserta didik diberikan kebebasan memilih minat belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dilaksanakan dengan pendekatan penelitian lapangan atau field research. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data, data tersebut dianalisis melalui proses kondensasi data, penyajian data, kemudian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SMPN 19 Surabaya tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yang membedakan hanyalah jam mata pelajaran setelah sholat dhuhur, pada kurikulum 2013 setelah sholat dhuhur di SMPN 19 masih ada pelajaran namun setelah pergantian kurikulum pelajaran setelah dhuhur diganti oleh kegiatan keterampilan. Namun dengan menggunakan kurikulum merdeka kegiatan pembelajaran di dalam kelas lebih efektif daripada kurikulum sebelumnya karena dengan menggunakan kurikulum merdeka peserta didik lebih bisa memahami dengan cepat, akan tetapi pendidik juga perlu mengevaluasi peserta didik agar bisa lebih percaya diri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kurikulum Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Interaksi pembelajaran; Kurikulum Merdeka; pendidikan agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rohmatul Afifah | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2024 06:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2024 06:49 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68818 |
Actions (login required)
View Item |