Manajemen masjid dalam meningkatkan daya tarik jamaah masjid Baitul Chamdi Kelurahan Lontar kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmansyah, M. Rafli (2022) Manajemen masjid dalam meningkatkan daya tarik jamaah masjid Baitul Chamdi Kelurahan Lontar kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Rafli Rahmansyah_B94217051.pdf

Download (2MB)
[img] Text
M. Rafli Rahmansyah_B94217051_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk proses manajemen masjid dalam meningkatkan daya tarik Masjid Baitul Chamdi Kelurahan Lontar Kota Surabaya. Kemudian, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan dalam meningkatkan daya tarik Masjid Baitul Chamdi Kelurahan Lontar Kota Surabaya. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam mencari data berupa observasi lapangan, wawancara beberapa narasumber dan dokumentasi. Dalam melakukan validasi data peneliti menggunakan teknik Triangulasi Data dengan memeriksa silang antara data, waktu dan sumber. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti menggambarkan bahwa Masjid Baitul Chamdi telah menjalankan proses manajemen masjid dalam meningkatkan daya tarik jamaah. Proses tersebut yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Proses manajemen masjid juga diterapkan di setiap kegiatan yang dijalankan Masjid Baitul Chamdi. Sedangkan hambatan dalam meningkatkan daya tarik ialah pembangunan dan sarana yang belum terselesaikan serta komunikasi jamaah di sekitar masjid kurang lancar. Namun jamaah yang datang ke Masjid Baitul Chamdi untuk beribadah selalu ramai jamaah maupun dari warga sekitar ataupun pengguna jalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmansyah, M. Rafliraflirahmansyah27@gmail.comB94217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram@uinsby.ac.id2014127901
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Manajemen masjid; daya tarik; Masjid Baitul Chamdi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Rafli Rahmansyah
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:00
Last Modified: 13 Mar 2024 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68834

Actions (login required)

View Item View Item