Analisis manajemen zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik pelaku umkm di LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Daud, Zalwa Aqmar Ramadhani (2022) Analisis manajemen zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik pelaku umkm di LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zalwa Aqmar Ramadhani Daud_G95218068.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Zalwa Aqmar Ramadhani Daud_G95218068_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ANALISIS MANAJEMEN ZAKAT PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK PELAKU UMKM DI LAZISNU KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA” Penelitian ini dibuat bertujuan untuk menjawab bagaimana pelaksanaan zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik pelaku UMKM di LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya dan bagaimana analisis manajemen zakat produktif terhadap peningkatan kesejahteraan mustahik pelaku UMKM di LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya. Hasil penelitian menemukan bahwa manajemen LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya sejalan dengan teori POAC George R. Terry. Planning yang dilakukan oleh LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya yaitu perencanaan program dana zakat produktif 1-5x dalam setahun;. LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya juga membagi tugas karyawan. Organisasi yang diterapkan oleh LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya yaitu sebagai berikut; (a) Manajer; (b) Staf Kesekertariatan; (c) Staf Keuangan; (d) Relawan Sidosermo; (e) Relawan Bendul Merisi; (f) Relawan Jemur Wonosari; (g) Relawan Siwalankerto.; LAZISNU Kecamatan Wonocolo melakukan pengerakan penghimpunan dana zakat yang di ambil dari para muzaki dan menyalurkan dana zakat produktif (4) controlling yang dilakukan oleh LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya yaitu Peninjauan dari lembaga dan Pengawasan laporan tertulis. Pengawasan pada UMKM mustahik masih belum berjalan dengan baik dikarenakan para mustahik tidak melaporkan hasil perkembangan usaha mereka. LAZISNU Kecamatan Woncolo Surabaya kurang memberi pelatihan kepada mustahik zakat produktif sehingga usaha mereka tidak berjalan dengan baik. Mustahik termasuk pada kelompok Keluarga Pra Sejahtera dan kelompok Keluarga Sejahtera II karena ada mustahik dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan hasil usaha yang mereka ada yang tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka dikarenakan mereka memiliki pendapatan yang minim dari hasil UMKM mustahik. Seharusnya LAZISNU Kecamatan Wonocolo memberikan bimbingan kepada mustahik LAZISNU Kecamatan Woncolo Surabaya. Manajemen pada LAZISNU Kecamatan Woncolo Surabaya terdapat kekurangan yaitu hendaknya melakukan pengawasan kepada mustahik. Mustahik sebagai penerima dana zakat sebelum membuka UMKM sebaiknya mempelajari terlebih dahulu dan membuat strategi sebelum membuka usaha terkait bagaimana cara untuk memajukan usaha mereka dan apa yang mereka jual ini dibutuhkan dilingkungan tersebut atau tidak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Daud, Zalwa Aqmar Ramadhanizalwaaqmar1812@gmail.comG95218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyihabbudin, Atoksyihabuddin2008@gmail.com2002018502
Subjects: Manajemen
Zakat
Keywords: UMKM; LAZIZNU; zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Zalwa Aqmar Ramadhani D
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:23
Last Modified: 13 Mar 2024 05:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68835

Actions (login required)

View Item View Item