Kehendak bebas dalam propaganda childfree: telaah Buku Childfree and Happy karya Victoria Tunggono perspektif Muhammad Iqbal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadillah, Elvi Nauna (2024) Kehendak bebas dalam propaganda childfree: telaah Buku Childfree and Happy karya Victoria Tunggono perspektif Muhammad Iqbal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elvi Nauna Fadillah_07010120004.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Elvi Nauna Fadillah_07010120004_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang propaganda childfree dalam buku childfree and happy dengan menggunakan teori kehendak bebas Muhammad Iqbal. Chidfree didefinisikan sebagai seseorang yang tidak ingin mempunyai anak atau bebas anak. Setiap orang memiliki hak dan kebebasan ingin melakukan apapun, termasuk pilihan hidup childfree. Kehendak bebas menurut Iqbal merupakan prinsip tindakan yang mempengaruhi bagaimana manusia bertindak dan melakukan apapun tanpa adanya halangan. Dalam kajian ini, akan diteliti mengenai propaganda childfree terkait dengan kebebasan perempuan dan bagaimana konsep kehendak bebas Iqbal diterapkan untuk menganalisis fenomena childfree. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Data primer yang menjadi sumber utama berasal dari buku "childfree and happy" karya Victoria Tunggono. Sementara itu, data sekunder yang menjadi pendukung berasal dari berbagai sumber pustaka, termasuk buku, jurnal, artikel, karya ilmiah, dan literatur lain yang relevan dengan fokus permasalahan yang ingin diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap orang memiliki suatu kebebasan ingin memilih atau memutuskan apapun, termasuk memilih untuk hidup tanpa anak (childfree). Sebagaimana kehendak bebas Iqbal bahwa setiap individu menanggung semua kemungkinan yang terjadi atas bentuk tindakan yang dilakukannya, termasuk kecaman dari masyarakat bagi seseorang yang memilih childfree. Dalam penelitian ini, childfree bukan hanya dilihat dari lingkup sosial masyarakat saja, akan tetapi sudut pandang agama juga dimasukkan supaya menjadi acuan untuk menghukumi tindakan seseorang terhadap pilihan hidup tanpa anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadillah, Elvi Nauna07010120004@student.uinsby.ac.id07010120004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorrofhani, rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Anak
Filsafat
Orang tua dan Anak
Keywords: Childfree; perempuan; kehendak bebas
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Elvi Fadillah Arifin
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:27
Last Modified: 14 Mar 2024 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68841

Actions (login required)

View Item View Item