Self healing dalam menangani kecemasan santriwati Pondok Pesantren as-Salafi al-Fithrah Surabaya metode sabar dan syukur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahrah, Zafifatus (2024) Self healing dalam menangani kecemasan santriwati Pondok Pesantren as-Salafi al-Fithrah Surabaya metode sabar dan syukur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zafifatus Zahrah_07020620061 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Zafifatus Zahrah_07020620061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di Pondok Pesantren As Salafi Al Fitrah Surabaya, para santriwati kerap mengungkapkan kecemasannya karena berbagai faktor, termasuk belum siap menghadapi ujian akhir. kecemasan ini menghalangi santriwati untuk menjawab soal ujiannya dengan baik, Kecemasan dapat diatasi berbagai banyak cara. Salah satunya dengan pelaksanaannya melatih kesabaran dan bersyukur. Tujuan dengan adanya penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor kecemasan santriwati di Pondok Pesantren As Salafi Al Fitrah di Surabaya, menemukan pemaknaan dari sabar dan bersyukur, serta mengetahui implementasi self-healing dalam menghadapi kecemasan santriwati di Pondok Pesantren As-Salafi Al-Fithrah Surabaya. Metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif, menggunakan pendekatan analisa dengan pengekatan fenomenologis, menggunakan teknik dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi mengenai santriwati. Hasil dari penelitian menunjukkan dengan adanya memberikan efek dampak positif karena dapat mengurangi rasa kecemasan pada santriwati terdapat faktor kecemasan. Dengan kata lain, kecemasan pembelajaran ketika melakukan setoran hafalan rutin kepada Ushtadz dan Ustadzah, santriwati menjadi cemas dalam belajar, sering tidak mengikuti pembelajaran, dan menjadi malas dalam melakukan setoran hafalan. Ketika menggunakan metode sabar dan syukur, dengan mengetahui perasaan santriwati setiap kali setelah mempraktikkan sabar dan syukur akan menjadi lebih tenang, menjadi orang yang lebih positif, dan kecemasannya yang dirasakan berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahrah, Zafifatuszafifatuszahra@gmail.com07020620061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@uinsa.ac.id0704067302
Subjects: Psikologi Islam
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Self healing; kecemasan; sabar; syukur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Zafifatus Zafifatus Zahrah
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:29
Last Modified: 18 Mar 2024 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68860

Actions (login required)

View Item View Item