PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MENGACU PADA STANDAR PISA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Robiatul (2014) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MENGACU PADA STANDAR PISA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Selama ini guru kurang menyediakan soal-soal yang didesain khusus sesuai dengan potensi dan karakter siswa, sehingga guru perlu diberikan sosialisasi tentang apa dan bagaimana karakteristik dan framework tentang soal-soal PISA dengan cara mengembangkan dan mengadaptasikan soal-soal model PISA untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas. Dalam PISA aspek yang diukur terdiri atas tiga aspek utama, yaitu isi, proses, dan situasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan soal matematika mengacu pada standar PISA yang valid, (2) menghasilkan soal matematika mengacu pada standar PISA yang reliabel, dan (3) mengetahui TK dan DP soal yang telah dikembangkan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research Development).Untuk menghasilkan soal matematika mengacu pada standar PISA digunakan soal-soal PISA dan framework PISA,soal tes, dan lembar validasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMPN 1 Sidoarjo kelas IX-1 dan kelas IX-3 masing-masing sebanyak 29 orang.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan (1) Soal matematika mengacu pada standar PISA sejumlah 12 soal berbentuk uraian adalah valid. Valid tergambar dari validasi oleh para ahli dan validasi butir soal. Valid secara kualitatif tergambar dari hasil penilaian validator baik berdasarkan aspek konten/isi, konstruk, dan bahasa. Pada uji coba 1, menghasilkan 9 soal valid dan 3 soal tidak valid. Pada uji coba 2, menghasilkan 12 soal valid. (2) Soal matematika mengacu pada standar PISA sejumlah 12 butir soal berbentuk uraian adalah reliabel. Pada uji coba 1, soal matematika mengacu pada standar PISA memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,705 dan ini termasuk dalam kategori korelasi tinggi. Pada uji coba 2, soal matematika mengacu pada standar PISA memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,739 dan ini termasuk dalam kategori korelasi tinggi. (3) Soal matematika mengacu pada standar PISA dalam uji coba 1, memiliki TK soal dalam kategori 2 soal mudah, 7 soal sedang, dan 3 soal sukar, dan DP soal dalam kategori 2 soal tidak dipakai, 4 soal diperbaiki, 5 soal diterima baik, tetapi perlu diperbaiki, dan 1 soal diterima baik. Sedangkan pada uji coba 2, TK soal dalam kategori 2 soal mudah, 8 soal sedang, dan 2 soal sukar, dan DP soal dalam kategori 5 soal tidak dipakai, 4 soal diperbaiki, 1 soal diterima baik, tetapi perlu diperbaiki, dan 2 soal diterima baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sugiarto
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, RobiatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Research Development; Tipe PISA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:57
Last Modified: 12 Feb 2015 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item