Fenomena hijrah sebagai praktik sosial keagamaan pemuda dalam komunitas remaja Masjid Al-Falah Surabaya perspektif Pierre Bourdieu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukman (2024) Fenomena hijrah sebagai praktik sosial keagamaan pemuda dalam komunitas remaja Masjid Al-Falah Surabaya perspektif Pierre Bourdieu. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lukman Hakim_02040222017.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lukman Hakim_02040222017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini berkonsentrasi utama pada tema fenomena hijrah yang terjadi dalam dinamika beragama umat Islam. Hijrah, sebagai fenomena atau gerakan, bertransformasi dari sebuah ritus personal menjasi aktivitas komunal. Fenomena dan gerakan hijrah juga telah berkembang menjadi sebuah tren beragama di Indonesia. Fenomena banyak diikuti oleh kalangan pemuda, hal ini dikarenakan para pemuda sedang dalam masa pencarian jati diri. Secara umum, hijrah memiliki konotasi positif, karena dapat menjadi panggung dakwah sekaligus wadah bagi masyarakat untuk memperbaiki diri menjadi lebih islami. Di sisi lain, hijrah yang terjadi hampir di setiap lapisan masyarakat patut untuk mendapatkan perhatian, mengingat fenomena ini dapat menjadi pintu terbuka bagi masuknya doktrin radikal. Setiap ajaran dan nilai-nilai yang terdapat dalam hijrah, akan teraktualisasi dalam bentuk praktik-praktik yang dijalankan oleh pengikutnya. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk memahami praktik-praktik fenomena hijrah, yang dilakukan oleh pemuda dalam masyarakat Urban. Penelitian ini menjadikan komunitas Remaja Masjid al-Falah sebagai objek penelitian, dengan pertimbangan-pertimbangan yang diuraikan lebih lanjut di dalam metodologi penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode field research. Sumber data primer didapatkan melalui wawanacara berbasis purposive sampling. Data yang terkumpul nantinya akan dianalisis dan diinterpretasi untuk menemukan makna dari berbagai praktik yang terjadi dalam fenomena hijrah. Sementara itu, untuk menganalisis dan menemukan makna yang maksud, peneliti menggunakan teori konstruksi praktik sosial Pierre-felix Bourdieu. Teori tersebut terdiri dari konsepw-konsep habitus, ranah, dan modal. Hasil nya ialah habitus, ranah, dan modal yang dimiliki oleh agen secara personal maupun dalam komunitas, mempengaruhi praktik-praktik yang terjadi dalam fenomena hijrah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Lukmanluqmanhakiem902@gamail.com02040222017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Ideologi Islam
Keywords: Bourdieu; fenomena; hijrah; praktik; urban
Divisions: Program Magister > Magister Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: lukman hakim
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:26
Last Modified: 02 Apr 2024 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68902

Actions (login required)

View Item View Item