Pengaruh competitive anxiety dan social support terhadap peak performance pada atlet silat Persinas Asad Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Sultan Fadillah (2024) Pengaruh competitive anxiety dan social support terhadap peak performance pada atlet silat Persinas Asad Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sultan Fadillah Ardiansyah_11020120088.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sultan Fadillah Ardiansyah_11020120088_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Competitive anxiety menyebabkan atlet memiliki perasaan khawatir dan mengganggu fokus serta konsentrasi yang membuat peak performance sulit dimunculkan. Selain itu, social support membuat atlet merasa dihargai dan merasa tidak sendirian dalam menghadapi pertandingan sehingga dia akan memaksimalkan kemampuan yang dimilikinya hingga mendapatkan peak performancennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh competitive anxiety dan social support terhadap peak performance atlet silat PERSINAS ASAD Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 270 atlet dan sampel penelitian ini diambil dengan non probablity sampling yaitu purposive sampling yang didapatkan atlet sebanyak 155 atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala peak performance dari aspek Garfied dan Bennet, Competitive State Anxiety Inventory-2R (CSAI-2R) dan Social Provisions Scale (SPS). Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara competitive anxiety dan peak performance. Artinya saat competitive anxiety rendah maka peak performance akan tinggi. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh positif antara social support dengan peak performance. Artinya ketika atlet memiliki social support yang tinggi maka akan memiliki peak performance yang tinggi pula. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan competitive anxiety dan social support secara bersama-sama berpengaruh terhadap peak performance yaitu berpengaruh sebesar 44,3%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Sultan Fadillahsultanpaskar555@gmail.com11020120088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrorry, Luckyluckyabrorry_fpk@uin.sby.ac.id2001107901
Subjects: Olah Raga
Pencak Silat
Remaja
Keywords: Competitive anxiety; peak performance; social support
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Sultan Fadillah Ardiansyah
Date Deposited: 15 Mar 2024 05:37
Last Modified: 15 Mar 2024 05:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68905

Actions (login required)

View Item View Item