Perlindungan hukum bagi pekerja terhadap keterlambatan upah di CV. Bangkit Bersaudara Desa Sudimoro Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif hukum Islam dan UU Cipta Kerja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Muhammad Iqbal (2023) Perlindungan hukum bagi pekerja terhadap keterlambatan upah di CV. Bangkit Bersaudara Desa Sudimoro Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif hukum Islam dan UU Cipta Kerja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Iqbal Arifin_05010220014 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Iqbal Arifin_05010220014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Akad ijārah merupakan suatu akad perjanjian yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena tidak mampu memenuhi semua pekerjaanya kecuali dengan dia memberikan upah kepada orang lain. Yang terjadi adalah pekerja dengan pemilik perusahaan CV. Bangkit Bersaudara Desa Sudimoro dimana upah yang seharusnya diberikan sesuai kesepakatan dua minggu pemberian upah mengalami keterlambatan karena dampak covid-19. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: bagaimana standar pengupahan terhadap pekerja di CV. Bangkit Bersaudara Desa Sudimoro Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif Hukum Islam dan UU Cipta Kerja dan bagaimana perlindungan hukum bagi pekerja terhadap keterlambatan upah di CV. Bangkit Bersaudara Desa Sudimoro Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif Hukum Islam dan UU Cipta Kerja. Tujuan penelitian adalah suatu maksud yang berguna untuk mencari infromasi atau data yang didapat. Maka penulis melakukan penelitian bertujuan menganalisis dan menginterpretasikan beberapa hal terkait standar pengupahan dan perlindungan hukum bagi pekerja terhadap keterlambatan upah di CV. Bangkit Bersaudara dalam perspektif hukum islam dan UU Cipta Kerja. Dengan penelitian hukum normatif-empiris dimana menggabungkan kedua metode antara jenis penelitian hukum normatif dan penelitian hukum empiris.Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, standar pengupahan yang dilakukan CV. Bangkit Bersaudara terdapat ketidakadilan seperti yang termuat dalam surah al-Qashash dan an-Nahl bahwa cukup jelas dalam kegiatan upah mengupah (ijārah) dan melanggar etika pengupahan terhadap pekerja. Dan telah diatur dalam Perpu No. 2 Tahun 2022 pada Pasal 88A ayat (6). Kedua, perlindungan hukum bagi pekerja ditinjau berdasarkan perspektif hukum islam upah dalam hal ini berkaitan dengan teori ijārah yang dimana salah satu syaratnya yaitu pembayaran upah haruslah bernilai dan jelas. Dan mengenai keterlambatan pemberian upah termasuk ke dalam penundaan pembayaran seperti yang diatur pada Pasal 81 angka 25 UU Cipta Kerja yang juga termuat pasal baru mengenai ini yakni Pasal 88 ayat (6) UU Ketenagakerjaan. Namun jika dikaitkan dengan kaidah fiqhyah ke 4 tentang pelaksanaan kewajiban terkait kemampuan.Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: Pertama, Untuk menghindari perselisihan maka pemilik perusahaan harus menerapkan prinsip keadilan dalam bekerja dan memberikan upah pada waktunya seperti awal kesepakatan dilakukan. Kedua, Bagi pemilik perusahaan setidaknya mengerti nilai kehidupan dalam islam juga mengerti akan UU mengenai Cipta kerja maupun ketenagakerjaan apalagi dalam mendirikan sebuah perusahaan merupakan hal utama yang perlu diketahui bagaimana dasar hukum dalam perusahaan itu. Tidak lupa juga memberikan keamanan serta keselamatan kerja para pekerjanya. Setidaknya dengan mengerti hukum agar terhindar dari penyimpangan yang tidak diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Muhammad Iqbalmuhammadarifiq1@gmail.com05010220014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.--2018115501
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Sewa
Keywords: Akad ijārah; Hukum Islam; UU Cipta Kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S.H. Muhammad Iqbal Arifin
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:38
Last Modified: 14 Apr 2024 15:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68937

Actions (login required)

View Item View Item