Peran Umar bin Khattab ra pada masa Nabi Muhammad SAW (616 M-632 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasita, Aulya Widya (2024) Peran Umar bin Khattab ra pada masa Nabi Muhammad SAW (616 M-632 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulya Widya Hasita_03040220079 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Aulya Widya Hasita_03040220079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga bahasan utama yaitu: 1. Bagaimana Biografi Umar bin Khattab?, 2. Bagaiamana Peran Umar bin Khattab di Makkah?, 3. Bagaimana Peran Umar bin Khattab di Madinah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dan sosiologi sebagai ilmu bantu penelitian. Pendekatan sejarah digunakan peneliti untuk membaca kronologi peristiwa masa lalu bangsa Arab pada masa Nabi Muhammad SAW. Sedangkan pendekatan sosiologi digunakan peneliti untuk mengetahui kondisi sosial bangsa Arab dan orang-orang yang terlibat dalam peran Umar bin Khattab r.a pada masa Nabi Muhammad SAW. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Titik benang merah penelitian ini adalah: 1) Umar bin Khattab r.a merupakan sahabat Rasulullah SAW yang paling kuat dan setia. Perawakannya besar tinggi dan memiliki kepandaian berkuda serta berperang. Karakteristik dan sifat Umar bin Khattab r.a sangat fanatik terhadap kepentingan suku dan nenek moyangnya. Hatinya berhasil luluh dan memeluk agama Islam pada tahun keenam kenabian. 2) Peran Umar bin Khattab r.a di Makkah dapat dilihat dari pembelaan dengan menyatakan keislamannya di hadapan orang-orang Quraisy, melindungi saat Rasulullah SAW beribadah di Ka’bah, membela saat diputuskan shahifah (perjanjian pemboikotan), dan memperjuangkan hak kaum Muslimin untuk sholat di sekitar Ka’bah. 3) Peran Umar bin Khattab r.a di Madinah dapat dilihat pada saat keikutsertaannya dalam Perang Badar dan Perang Uhud serta peperangan kecil lainnya. Selain itu beliau juga menjadi sebab turunnya wahyu Allah SWT terkait larangan meminum khamar, perintah memakai hijab dan beberapa problematika rumah tangga Nabi Muhammad SAW dengan istri-istrinya. Peran Umar bin Khattab bukan hanya sekadar sebagai sahabat dan pemimpin umat, akan tetapi juga sebagai bentuk harapan dan tanggungjawab yang melekat pada dirinya. Beliau memiliki dan menerima harapan Rasulullah SAW serta kaum Muslimin sehingga menampilkan peran dan kontribusi yang sangat luar biasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasita, Aulya Widya03040220079@student.uinsby.ac.id03040220079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochimah, Rochimahzachmad06@gmail.com2004116902
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Keywords: Umar bin Khattab; masa Nabi Muhammad SAW (616 M-632 M)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Aulya Aulya Hasita
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:09
Last Modified: 18 Mar 2024 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68938

Actions (login required)

View Item View Item