نفسية شخص كوهين في مسرحية التوراة الضائعة لعلي أحمد باكثير: دراسة الأدب النفسي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoizuroonah, Sayyidah (2024) نفسية شخص كوهين في مسرحية التوراة الضائعة لعلي أحمد باكثير: دراسة الأدب النفسي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidah Khoizuroonah_03040120105 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Sayyidah Khoizuroonah_03040120105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kajian psikologi sastra adalah kepribadian. kepribadian sangat erat berkaitan dengan kejiwaan tokoh dalam karya sastra, yaitu yang berupa cerpen, novel maupun drama. Peneliti menggunakan teori Sigmund Freud dalam penelitian ini dan objek penelitiannya berupa drama yang berjudul “At-taurah Ad-dhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir yang mengisahkan tentang peristiwa antara palestina dan israel, dalam drama ini terdapat tokoh-tokoh yang memiliki berbagai kepribadian yang berbeda sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini hanya fokus pada kepribadian tokoh Cohen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh Cohen dalam drama “At-taurah Ad-dhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kepribadian tokoh Cohen dalam drama “At-taurah Ad-dhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir menurut teori Sigmund Freud?. 2) Bagaimana dampak dari kepribadian tokoh Cohen dalam drama “At-taurah Ad-dhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir terhadap lingkungan sekitarnya?. Peneliti menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dan data yang dihasilkan berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan dari drama. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini yaitu: 1) Tokoh Cohen dalam drama “At-taurah Ad-dhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir memiliki kepribadian yang sangat buruk yakni pemarah, ambisius dan tidak menerima pendapat orang lain, karena dia lebih mementingkan Id dari pada super ego. Terdapat delapan Id, tiga Ego dan dua Super ego dalam kepribadian cohen. 2) Kepribadian tokoh Cohen dalam drama “At-taurah Ad-dhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir berdampak negatif yakni sangat tidak baik terhadap lingkungan sekitarnya. Adapun diantara dampak negatif dari kepribadian cohen adalah anaknnya yang bernama jim mengalami trauma, ketakutan keluarganya terhadap cohen dan keluarganya menjahuinya karena mereka sudah tidak sanggup menghadapi keegoisannya dan ambisinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoizuroonah, Sayyidahsayyidahkhoizuronah@gmail.com03040120105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Atiq Mohammadatiqramadhan@yahoo.com2021126701
Thesis advisorAlindah, Lutfiyaha_lindah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Psikologi sastra; kepribadian; at-Taurah ad-Dhoi’ah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: sayyidah khoizuronah
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:24
Last Modified: 18 Mar 2024 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68939

Actions (login required)

View Item View Item