Analisis transparansi, akuntabilitas dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan BUMDesa: studi kasus BUMDesa Sarana Mandiri desa Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sriwahyuningsih, Dina Eka (2024) Analisis transparansi, akuntabilitas dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan BUMDesa: studi kasus BUMDesa Sarana Mandiri desa Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Eka Sriwahyuningsih_08020220056 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (7MB)
[img] Text
Dina Eka Sriwahyuningsih_08020220056.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan Transparansi, Akuntabilitas, dan Efektivitas dalam Pengelolaan Keuangan BUMDESA (Badan Usaha Milik Desa) “Sarana Mandiri” di Desa Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan efektif serta untuk mengetahui hambatan apa saja yang ada dalam pengelolaan keuangan BUMDesa “Sarana Mandiri”. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) “Sarana Mandiri” Desa Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro dapat dikatakan sudah cukup transparan, akuntabel, dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan sudah terlaksananya 4 indikator transparansi yaitu terdapatnya ketersediaan dan aksesbilitas dokumen, terdapatnya kejelasan dan kelengkapan informasi, terdapatnya keterbukaan proses pengelolaan, dan terdapatnya kerangka regulasi yang menjamin transparansi. Disamping itu pengurus BUMDesa “Sarana Mandiri” juga telah melakukan pengelolaan keuangan sesuai dengan Permendagri No. 20 Tahun 2018. Dalam penerapan akuntabilitas juga sudah melaksanakan 3 indikator yaitu terdapatnya laporan keuangan pertanggungjawaban keuangan, terdapatnya partisipasi masyarakat, terdapatnya pemantauan dan pemeriksaan. Dan pengelolaan keuangan BUMDesa “Sarana Mandiri” dapat dikatakan cukup efektif hal ini dibuktikan dengan perbandingan antara target pendapatan dan realisasi pendapatan yang dicapai dalam laporan keuangan yang ada. Selanjutnya juga terdapat beberapa hambatan dalam pengelolaan keuangan yang dapat menyebabkan proses penyusunan dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan menjadi tidak tepat waktu. Penelitian ini memberikan saran kepada BUMDesa “Sarana Mandiri” agar dapat lebih meningkatkan keterbukaan kepada para masyarakat dengan menyediakan akses yang mudah dijangkau untuk mencari informasi terkait BUMDesa tanpa harus datang langsung kekantor. Dan penting untuk diadakan pelatihan secara teratur terkait penyusunan keuangan supaya bendahara bisa lebih mahir dan lebih meningkatkan kerja sama yang baik antar pengurus agar pembuatan laporan keuangan bisa tepat waktu sehingga pertanggungjawaban bisa terlaksana dengan maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sriwahyuningsih, Dina Ekadinaeka216@gmail.com08020220056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, ImamIbe@uinsby.ac.id2026096801
Subjects: Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keuangan
Keywords: Transparansi; akuntabilitas; efektivitas; pengelolaan keuangan; BUMDesa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dina Eka Sriwahyuningsih
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:52
Last Modified: 18 Mar 2024 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68942

Actions (login required)

View Item View Item