Implementasi model asesmen diagnostik sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahlehfi, Muhammad Ikbal (2024) Implementasi model asesmen diagnostik sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ikbal Fahlehfi_06040120092 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Ikbal Fahlehfi_06040120092.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang topik permasalahan mengenai bagaimana implementasi model asesmen diagnostik sebagai strategi dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Krian Sidoarjo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh diberlakukannya kurikulum merdeka yang memuat asesmen diagnostik sebagai inovasi dalam menciptakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing peserta didik (diferensiasi) dan bagaimana guru PAI di SMPN 1 Krian dalam mengaktualisasikan regulasi tersebut, mulai dari penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi asesmen diagnostik. Oleh karena itu perlunya meneliti dan menelaah permasalahan tersebut agar mengetahui implementasi model asesmen diagnostik yang diterapkan pada pembelajaran PAI sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 1 Krian. Pendekatan dalam penelitian ini tergolong kualitatif, karena dilakukan dengan pendekatan terhadap fenomena yang terjadi dalam sebuah kehidupan nyata serta didukung dengan pendapat atau pemikiran para ahli. Penelitian ini dikategorikan sebagai field research yaitu mengumpulkan data karya ilmiah dengan objek penelitian yang bersifat turun ke lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain interview, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, konfirmasi/validasi dan dikuatkan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini memberikan fakta bahwasannya SMPN 1 Krian telah menerapkan asesmen diagnostik dalam pembelajaran PAI, baik dalam ranah kognitif maupun non kognitif. Proses penyusunan dilakukan dengan penyesuaian capaian pembelajaran yang akan dibahas. Asesmen diagnostik dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Krian dilaksanakan diawal sebelum memasuki kegiatan inti pembelajaran yaitu saat setiap awal semester atau saat memasuki bab bahasan baru. Bentuk asesmen diagnostik berupa soal-soal tertulis maupun lisan yang dikerjakan melalui buku tulis atau media digital. Guru PAI menggunakan hasil asesmen diagnostik sebagai dasar untuk menentukan tindak lanjut penyusunan perangkat yang didasarkan kondisi masing-masing peserta didik sehingga muncul strategi, metode, model dan iklim pembelajaran yang positif dan menyenangkan, dengan demikian antusias peserta didik dalam pembelajaran PAI akan relatif meningkat dan pada akhirnya juga berdampak pada meningkatnya kualitas pembelajaran PAI di SMPN 1 Krian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahlehfi, Muhammad IkbalIkbalfahlehfi26@gmail.com06040120092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Asesmen diagnostik; mata pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ikbal Fahlehfi
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:41
Last Modified: 18 Mar 2024 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68943

Actions (login required)

View Item View Item