Kajian Tasawuf dalam membangun kesadaran spiritual masyarakat digital: studi kasus Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttoharoh, Putri (2024) Kajian Tasawuf dalam membangun kesadaran spiritual masyarakat digital: studi kasus Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Muttoharoh_07040620094 ok.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Putri Muttoharoh_07040620094 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pendekatan kajian tasawuf di media sosial dan pengaruhnya dalam membangun kesadaran spiritual masyarakat digital. Masyarakat digital yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa UIN Sunan Ampel yang merupakan followers Instagram Cak Nun, Ustadz Hanan Attaki dan Buya Syakur Yasin. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Latar belakang yang mendasari penelitian ini yaitu banyaknya anggapan bahwa kelompok sufi adalah kelompok tradisional yang menyendiri, jauh dari dunia atau yang anti dunia. Oleh karena itu, di adakannya penelitian ini guna membuktikan kemampuan seorang sufi modern dalam mengaktualisasikan dirinya di tengah-tengah masyarakat dan juga menjadi bukti bahwa seorang sufi bukanlah ia yang mengisolasi diri di sebuah tempat yang sunyi, melainkan berkontribusi bagi masyarakat melalui media digital. Rumusan masalah penelitian terdiri dari dua pertanyaan utama, yaitu: (a) Bagaimana Pola Pendekatan Kajian Tasawuf di Media Sosial? (b) Bagaimana Peran Kajian Tasawuf dalam Membangun Kesadaran Spiritual Masyarakat Digital Melalui Media Sosial?. Tujuan penelitian mencakup upaya untuk mengetahui secara mendalam pola pendekatan dakwah dan peran kajian tasawuf dalam membangun kesadaran spiritual masyarakat digital melalui media sosial. Metode kualitatif dipilih untuk memberikan ruang eksplorasi yang lebih luas terhadap pengalaman dan pemahaman masyarakat digital terkait pendekatan dan pengaruh dakwah sufi digital di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kajian tasawuf di media sosial menunjukkan adaptasi perubahan zaman dengan memanfaatkan media sosial dalam penyampaian ajaran sufismenya melalui berbagai macam pendekatan dan mencapai audiens yang lebih luas dan beragam, sehingga memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran spiritual masyarakat digital, seperti adanya pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran sufisme dan adanya perubahan perilaku ke arah yang positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttoharoh, Putritamaroh882@gmail.com07040620094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, GhoziGhozi.ichsan@uinsa.ac.id2019107701
Subjects: Agama
Akhlak
Tasawuf
Keywords: Kajian Tasawuf; dakwah; spiritualitas; masyarakat digital
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Putri Muttoharoh
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:19
Last Modified: 18 Mar 2024 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68962

Actions (login required)

View Item View Item