العناصر الداخلية في مسرحية "إبراهيم باشا" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestaria, Bela Putri (2024) العناصر الداخلية في مسرحية "إبراهيم باشا" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bela Putri Lestaria_03010120006 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bela Putri Lestaria_03010120006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Karya sastra tidak akan terbentuk dengan sendirinya tanpa adanya unsur-unsur yang membangun. Unsur intrinsik adalah unsur pembangun suatu karya sastra dari dalam dirinya sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang unsur intrinsik yang terdiri dari tema, penokohan, konflik, alur, dan gaya bahasa. Objek dalam penelitian ini yaitu drama "Ibrahim Pasha" karya Ali Ahmad Bakatsir yang mempunyai tiga babak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data-data yang diperoleh didapat dari hasil analisis teks dalam drama "Ibrahim Pasha" kemudian diklarifikasikan sesuai dengan permasalahan yang ada dalam penelitian ini. Dan hasil dari penelitian unsur instrinsik pada drama "Ibrahim Pasha" karya Ali Ahmad Bakatsir yaitu: 1) Tema dalam drama "Ibrahim Pasha" ini adalah patriotisme, yaitu drama yang mengisahkan tentang impian seorang raja di daerah Arab yang ingin menyatukan bangsa Arab dan memiliki bahasa persatuan. 2) Tokoh/penokohan: tokoh utama: Ibrahim; dan tokoh pendukung: kolonel Saif, Basyir, Sirhan, Nu'man, Tsamir, Zaid, Abbas Pasha, Kholid. 3) Konflik mengandung 7 konflik yang terjadi antara si tokoh dengan tokoh lain ataupun konflik si tokoh dengan dirinya sendiri. 4) Alur/pembabakan: alur maju dan terdapat 3 babak 5) Gaya Bahasa: menggunakan bahasa Arab fusha, mengandung 2 tanash dan beberapa unsur balaghah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestaria, Bela Putribelaputles@gmail.com03010120006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathinmasyhud@uinsby.ac.id2014057602
Thesis advisorShodikin, Shodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Unsur Intrinsik; Drama Ibrahim Pasha Ali Ahmad Bakatsir.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Bela Lestaria
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:59
Last Modified: 20 Mar 2024 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68999

Actions (login required)

View Item View Item