Pengaruh harga, kualitas produk, word of mouth dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian bubur bayi organik hepi meal di Kec. Sedati Kab. Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imron, Erin Dita Putri (2024) Pengaruh harga, kualitas produk, word of mouth dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian bubur bayi organik hepi meal di Kec. Sedati Kab. Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erin Dita Putri Imron-08010420010.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Erin Dita Putri Imron-08010420010_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Adanya peningkatan kesadaran akan pentingnya gizi dan kesehatan bagi anak-anak menjadikan industri bubur bayi organik mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Persaingan didalam industri bubur bayi organik semakin meningkat dengan banyak merek yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Salah satu merek yang terus berupaya mengembangkan produk baru dan menarik untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen di Kec. Sedati Kab. Sidoarjo adalah bubur bayi organik Hepi Meal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah harga, kualitas produk, word of mouth dan labelisasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian bubur bayi organik Hepi meal di kec. Sedati Kab. Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 96 sampel yang merupakan konsumen bubur bayi organik Hepi Meal di Kec. Sedati Kab. Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis dengan model SEM-PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan software SmartPLS versi 4.0.9.6. Hasil analisis menggunakan software Smart-PLS menunjukkan variabel harga menghasilkan nilai Path Coefficients 0.234 dan hipotesis 0.031, variabel kualitas produk menghasilkan nilai Path Coeeficients 0.535 dan hipotesis 0.000, variabel word of mouth menghasilkan Path Coefficients -0.037 dan hipotesis 0.558, variabel labelisasi halal menghasilkan nilai Path Coefficients 0.206 dan hipotesis 0.011. Nilai Path Coefficient dapat dikatakan positif ababila menghasilkan nilai >0 sedangkan hipotesis dapat dikatakan signifikan apabila <0.05. Hasil Path Coefficients dan hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa Harga (X1), Kualitas Produk (X2) dan Labelisasi Halal (X4) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) bubur bayi di Kec. Sedati Kab. Sidoarjo karena sesuai dengan nilai yang ditentukan. Variabel Word of Mouth (X3) tidak berpengaruh baik positif maupun signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) bubur bayi organik Hepi Meal di Kec. Sedati Kab. Sidoarjo karena tidak sesuai dengan nilai yang ditentukan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran peneliti dalam penelitian ini bagi pelaku usaha yaitu kedepannya pelaku usaha harus tetap mempertahankan kualitas produk yang ada. Kebersihan outlet juga harus dijaga karena sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bagi peneliti selanjtnya dapat menambah variabel lain seperti penelitian mengenai green marketing. Pelaku usaha bubur bayi sudah banyak yang menggunakan kemasan ramah lingkungan namun, konsumen masih banyak yang belum memahami adanya manfaat dari green marketing tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imron, Erin Dita Putrierindita7@gmail.com08010420010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasyerindita7@gmail.com2028128301
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Harga; kualitas produk; word of mouth; labelisasi halal; keputusan pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Erin Dita Putri Imron
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:59
Last Modified: 21 Mar 2024 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69011

Actions (login required)

View Item View Item