Mental accounting theory dalam mengungkap praktik akuntansi rumah tangga dDsa Kedungmulyo Bangilan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoryatin, Siti (2024) Mental accounting theory dalam mengungkap praktik akuntansi rumah tangga dDsa Kedungmulyo Bangilan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SITI QORYATIN_08010220037.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SITI QORYATIN_08010220037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Akuntansi rumah tangga merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti hal ini terletak pada peranannya yang sangat penting dalam mengatur kehidupan keluarga untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran serta memenuhi kebutuhan keluarga yang semakin meningkat. Praktik akuntansi dalam pengelolaan keuangan rumah tangga untuk memperoleh kessejahteraan tidak terlepas dari proses dan cara berpikir (mental accounting). Sikap mental accounting memiliki beberapa keuntungan, yang paling penting adalah fakta bahwa sikap ini membangun kemampuan untuk mengelola keuangan rumah tangga secara sistematis dan memfasilitasi perencanaan pendapatan dan pengeluaran yang efisien serta secara konsisten berpegang teguh pada keputusan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana mengungkap praktik akuntansi rumah tangga Desa Kedungmulyo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data berupa data primer melalui wawancara dengan Ibu rumah tangga desa Kedungmulyo Bangilan Tuban. Selain itu, menggunakan teknik dokumentasi dan observasi yang kemudian diolah dan dianalisa sehingga ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan rumah tangga dimulai dari perencanaan dan pengeluaran terhadap kebutuhan pokok yang bersifat tetap dan berjumlah besar, kemudian dilanjutkan untuk biaya kebutuhan sehari – hari dan memanfaatkan sisa dananya dengan menabung untuk pengeluaran yang tak terduga. Informan dalam penelitian ini belum menerapkan akuntansi dalam rumah tangga dengan baik dan benar, hal ini dibuktikan dengan data dilapangan bahwa mereka sudah menerapkan praktik perencanaan dan penganggaran tetapi praktik pencatatanya hanya dua informan yang sudah menerapkan, meskipun pada praktik pengambilan keputusanya semuanya diterapkan dengan baik. Sementara itu, dilihat dari mental accounting praktik akuntansi semua informan mampu melaksanakanya melalui penghematan keuangan jangka pendek jangka panjang (menabung) dengan proses dan cara berpikir (mental accounting) dalam praktik akuntansi rumah tangga ini bermuara pada keharmonisan dalam rumah tangga. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada masyarakat desa Kedungmulyo Bangilan Kabupaten Tuban untuk mempraktikkan sepenuhnya aspek akuntansi dalam rumah tangga, tidak hanya melakukan aspek perencanaan, penganggaran, dan pengambilan keputusan saja, melainkan aspek pencatatan juga penting diterapkan dalam kegiatan pengelolaan keuangan rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoryatin, Sitisitiqoryatin@302gmail.com08010220037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSa'adah, Mazro'atusmazroatus.saadah@gmail.com2027087703
Subjects: Administrasi
Akuntansi
Keywords: Akuntansi rumah tangga; pengelolaan keuangan; mental accounting theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Siti Qoryatin
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:32
Last Modified: 19 Mar 2024 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69014

Actions (login required)

View Item View Item