Analisis penerapan akad ijarah terhadap keterlambatan pembayaran SPP di TPQ Ummul Quro Kecamatan Semampir Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Ummu (2024) Analisis penerapan akad ijarah terhadap keterlambatan pembayaran SPP di TPQ Ummul Quro Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Choiriyah Ibrahim_05020220077 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Ummu Choiriyah Ibrahim_05020220077.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: bagaimana analisis perjanjian pembayaran SPP dan analisis penerapan akad ijārah terhadap keterlambatan pembayaran SPP di TPQ Ummul Quro, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melaksanakan penelitian dengan cara terjun langsung ke lapangan agar mendapatkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan mengenai permasalahan yang diteliti. Data-data dalam penelitian kualitatif ini didapatkan dengan melaksanakan wawancara dan analisis dokumen. Kemudian, peneliti menggunakan metode deskriptif analisis sebagai salah satu bentuk dari metode analisis kualitatif. Hasil analisis dalam skripsi ini, menunjukkan bahwa menurut hukum Islam penerapan perjanjian yg terjadi di antara pihak TPQ Ummul Quro dengan pihak wali santri dihukumi sah sesuai dengan rukun dan syarat akad ijārah-nya. Mengenai permasalahan keterlambatan pembayaran SPP, dihukumi boleh karena pihak TPQ Ummul Quro dapat memaklumi wali santri yang terlambat bayar SPP dengan faktor alasan yang tepat. Sedangkan, bagi wali santri yang memang mampu dalam finansialnya, justru sengaja mengabaikan dan menunda-nunda pembayaran SPP, maka hal itu termasuk perbuatan yang zalim karena merugikan pihak lain (pihak TPQ Ummul Quro). Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan dari skripsi ini, sebagai saran kepada akademisi selanjutnya agar dapat mengkaji permasalahan dalam penelitian ini dengan perspektif yang lebih luas. Saran bagi pihak TPQ Ummul Quro khususnya wali santri TPQ Ummul Quro Kecamatan Semampir, Kota Surabaya agar selalu menepati dan melaksanakan perjanjian yang telah disepakati sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam perjanjian tersebut dan sesuai dengan prinsip-prinsip perjanjian menurut syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, Ummurhiafais472@gmail.com05020220077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmi, Chaidaroh-2010097401
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Akad ijarah; keterlambatan pembayaran SPP
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ummu choiriyah ibrahim
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:22
Last Modified: 20 Mar 2024 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69031

Actions (login required)

View Item View Item