Pengaruh strategi card sort terhadap kemampuan membaca teks bahasa arab pada peserta didik kelas VI MI Nahdlatul Ummah Golokan Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maknunah, Jauharotul (2024) Pengaruh strategi card sort terhadap kemampuan membaca teks bahasa arab pada peserta didik kelas VI MI Nahdlatul Ummah Golokan Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jauharotul Maknunah_06020720033 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jauharotul Maknunah_06020720033 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca teks bahasa Arab pada peserta didik kelas VI MI Nahdlatul Ummah Golokan Sidayu Gresik menjadi latar belakang permasalahan pada penelitian ini. Berdasarkan data pengamatan dan wawancara yang diperoleh, menyatakan bahwa strategi yang digunakan saat kegiatan belajar mengajar selama ini kurang bervariasi, sehingga peserta didik cepat merasa bosan dan tidak mempunyai keinginan untuk membaca teks berbahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan dengan menggunakan strategi card sort pada pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi card sort terhadap kemampuan membaca teks bahasa Arab pada peserta didik kelas VI MI Nahdlatul Ummah Golokan Sidayu Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design, yakni hanya menggunakan kelompok eksperimen tanpa adanya kelompok kontrol sebagai pembanding. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan memberikan soal pretest (sebelum diberi perlakuan) dan soal posttest (sesudah diberi perlakuan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest (sebelum diberi perlakuan) adalah 76,74, sedangkan nilai rata-rata posttest (setelah diberi perlakuan) adalah 83,80. Sehingga selisih antara nilai rata-rata pretest dan posttest adalah sebesar 7,06. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diberi perlakuan dengan menggunakan strategi card sort. Kemudian hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut berarti menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi card sort berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca teks bahasa Arab pada peserta didik kelas VI MI Nahdlatul Ummah Golokan Sidayu Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maknunah, Jauharotuljauharotulmaknunah05@gmail.com06020720033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Bahasa Arab; Kemampuan Membaca; Strategi Card Sort
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jauharotul Maknunah
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:11
Last Modified: 22 Mar 2024 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69068

Actions (login required)

View Item View Item