Fenomena fangirling di kalangan penggemar k-pop: studi ma'anil hadis riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 2387 melalui pendekatan fenomenologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilah, Dewi Ni'amul (2024) Fenomena fangirling di kalangan penggemar k-pop: studi ma'anil hadis riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 2387 melalui pendekatan fenomenologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Ni'amul Ilah_07040520077 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Dewi Ni'amul Ilah_07040520077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji fenomena fangirling di kalangan penggemar K-Pop melalui pendekatan fenomenologi, dengan fokus analisis Syarah pada hadis riwayat Imam al-Tirmidzī Nomor Indeks 2387. Penelitian ini mencoba memberikan gambaran mendalam mengenai relevansi dan kebenaran hadis tersebut, dengan mengeksplorasi kualitas dan kehujjahan hadis dalam konteks kitab Imam al-Tirmidzī. Pemaknaan hadis kemudian dianalisis secara mendalam untuk memahami pesan yang terkandung dan implikasinya dalam konteks fenomena fangirling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil kesimpulan dari pembahasan ini menunjukan bahwa dalam konteks fenomena Fangirling yang menyoroti ikatan emosional kuat antara penggemar K-Pop dan idola mereka, terdapat kaitan dengan prinsip Islam yang tergambar dalam hadis "al-mar'u ma'a man ahabba." Hadis tersebut menggambarkan bahwa seseorang akan bersama dengan orang yang dicintainya di akhirat, mencakup baik perbuatan baik maupun perbuatan jahat. Hadis memberikan dorongan, ancaman, janji, dan peringatan, menyatakan bahwa seseorang akan mendapatkan hasil dari usahanya. dari hasil analisis kwalitas hadis menunjukan bahwa hadis riwayat imam al-Tirmidzi No indeks 2387 dapat diterima dengan tingkatan shahih li ghairihi. Dalam konteks fangirling, studi ini mengaitkan fenomena tersebut dengan konsep "al-mar'u ma'a man ahabba" dalam Islam, menyoroti pentingnya menjaga keseimbangan antara kesenangan dunia dan fokus pada kehidupan akhirat. Dampak positif fangirling, seperti sumber motivasi dan hiburan, diakui, tetapi juga peringatan akan risiko fanatisme yang berlebihan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan mental. Oleh karena itu, studi ini menekankan pentingnya pendekatan seimbang dalam memahami dan mengintegrasikan fenomena fangirling dengan ajaran Islam, serta menekankan perlunya menjaga keseimbangan spiritual dan menghindari fanatisme yang berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilah, Dewi Ni'amulella.alfusha@gmail.com07040520077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Akulturasi
Budaya - Agama
Hadis
Keywords: Fangirling; penggemar k-pop; hadis riwayat Imam Tirmidzi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Dewi Ni'amul Ilah
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:20
Last Modified: 20 Mar 2024 06:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69072

Actions (login required)

View Item View Item