Peran kecerdasan spiritual dalam membentuk kepribadian positif penghafal al-Qur'an di Jamiyah Huffadz as-Syafi'iyah Tanggulangin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprillia, Soiffa Elsa (2024) Peran kecerdasan spiritual dalam membentuk kepribadian positif penghafal al-Qur'an di Jamiyah Huffadz as-Syafi'iyah Tanggulangin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Soiffa Elsa Aprillia_07020620059 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Soiffa Elsa Aprillia_07020620059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan spiritual merupakan dimensi penting dalam pengembangan diri, khususnya bagi para penghafal al-Quran. Dalam membentuk kepribadian positif bagi para penghafal Al-Qur'an di Jamiiyah Huffadz As-Syafi'iyah Tanggulangin, peran kecerdasan spiritual sangatlah penting. Kecerdasan spiritual merujuk pada kemampuan seseorang untuk mengembangkan kesadaran diri, hubungan dengan Tuhan, empati, dan penerimaan terhadap makna kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami tingkat kecerdasan spiritual pada penghafal al-Quran, dengan studi kasus di Jamiiyah Huffadz asy-Syafi'iyyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini melibatkan partisipan dari komunitas penghafal Al-Quran di Jamiiyah Huffadz asy-Syafi'iyyah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana pola kecerdasan spiritual pada para penghafal Al-Quran dan peran kecerdasan spiritual tersebut dapat menjadikan kepribadiannya menjadi pribadi yang positif bagi lingkungan sekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual pada penghafal al-Quran di Jamiiyah Huffadz asy-Syafi'iyyah tercermin melalui indikator kecerdasan spiritual yang tertera dan Kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh para anggota juga berperan dalam pembentukan kepribadian positif setiap individu, menjadikan pribadi yang sabar, tekun dsb. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan program pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kecerdasan spiritual bagi para penghafal al-Quran di berbagai lembaga pendidikan serupa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprillia, Soiffa Elsasoiffaelsaaprillia@gmail.com07020620059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Lingkungan Hidup
Al Qur'an
Keywords: Kecerdasan spiritual; penghafal al-Qur’an; jamiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: SOIFFA APRILLIA
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:49
Last Modified: 20 Mar 2024 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69073

Actions (login required)

View Item View Item