Fitur spaces Habib Zen di x (twitter) sebagai ruang publik virtual wacana keagamaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imtitsal, Ghazy (2024) Fitur spaces Habib Zen di x (twitter) sebagai ruang publik virtual wacana keagamaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghazy Imtitsal_I93219083 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ghazy Imtitsal_I93219083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji fitur spaces Habib Zen di X (Twitter) Sebagai Ruang Publik Virtual Wacana Keagamaan. Dengan menggunakan tinjauan teori Ruang Publik Jurgen Habermas. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui fitur spaces Habib Zen bisa menjadi ruang publik ideal dan mengetahui klaim-klaim kebeneran di diskusikan di dalam spaces Habib Zen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian netnografi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, yakni audience yang aktif mengikuti dan berdiskusi spaces Habib Zen. Seperti yang sering mengajukan pertanyaan dan pendapat. Data yang dihimpun berupa kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihimpun melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi dengan sumber, metode dan teori. Dari penelitian ini ditemukan bahwa dalam diskusi adanya kesetaraan status antara Habib Zen dan audience, pembicaraan tidak lepas dari pembahasan status, dilihat dari bagaimana audience memanggil sebutan “Habib”, tetapi diskusi berjalan dengan baik dan lancar. Para audience tidak merasakan adanya tekanan atau paksaan dari Habib Zen, mereka bebas berpendapat dan bertanya dan tema-tema yang dibahas bersifat umum dan baik untuk kepentingan publik, setiap orang dapat ikut bergabung, tetapi audience Habib Zen relative homogen karena berlatar belakang santri. Klaim-klaim kebeneran tidak disksuikan secara lanjut karena adanya audience sepakat dengan apa yang dikatakan Habib Zen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imtitsal, Ghazyimtitsalghazy@gmailI93219083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id197801202006041003
Subjects: Islam > Pedoman Hidup
Sosiologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Ruang publik virtual; wacana keagamaan; fitur spaces
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Ghazy imtitsal
Date Deposited: 20 Mar 2024 15:08
Last Modified: 20 Mar 2024 15:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69089

Actions (login required)

View Item View Item